Persagi Jalankan Program Saweu Sikula

harianrakyataceh.com – Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) Ke 61 dengan Tema “Remaja Sehat Bebas Anemia”. Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Ahli Gizi (DPD-PERSAGI) Aceh, bersama Forum Ahli Gizi Muda (FORAGIZMA) melaksanakan program “SAWEU SIKULA” yaitu program Edukasi Tentang Bahaya Anemia, penyebab dan akibat serta cara pencegahannya pada remaja atau siswa Sekolah di beberapa sekolah di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Siswa-siswi SMK SMTI Banda Aceh menjadi Sekolah perdana yang dipilih untuk kegiatan Edukasi Gizi Seimbang dalam Mencegah Anemia yang diikuti oleh 300 siswa-siswi melalui kegiatan Apel Upacara Bendera dengan mengikuti Standar Protokol Kesehatan Cegah Penyebaran Covid.19 pada hari Senin 1 Februari 2021.

Ketua DPD PERSAGI Aceh, Junaidi, SST. M.Kes yang bertindak sebagai pembina upacara bendera manyampaikan bahwa anemia adalah permasalahan Gizi dan Kesehatan yang dialami para remaja yaitu suatu kondisi kekurangan sel-sel darah merah yang lebih cendrung disebabkan oleh rendahnya asupan zat gizi terutama protein, zat besi dan juga vitamin.C.

Anemia pada siswa-siswi sekolah dapat mengakibatkan menurunkan daya tahan tubuh dan berimplikasi pada tingkat kecerdasan anak sekolah.

“Jika para siswi yang mengalami anemia akan memberikan pengaruh yang lebih bahaya yaitu akan menghasilkan para calon ibu yang anemia pada akhirnya akan melahirkan bayi dengan berat lahir rendah dan ini salah satu penyebab stunting pada anak balita,” jelasnya.

Dikatakan, untuk mencegah terjadinya anemia diharapkan seluruh siswa siswi untuk hidup dengan prilaku sehat dan bersih dengan menerapkan pola makan Gizi Seimbang dan harus mulai mengurangi pola makan yang salah seperti makan fast food, junk food dan makanan yang tidak seimbang dan selama ini menjadi gaya hidup para remaja.

Dalam kegiatan ini, Abdurrahman, S.Pd., M.Pd., M.T selaku kepala Sekolah SMK-SMTI Banda Aceh mengucapkan terimakasih kepada pihak PERSAGI Aceh yang telah memilih Sekolah dibawah kepemimpinannya sebagai lokasi “SAWEU SIKULA”.

“Meski kegiatan ini kita laksanakan dalam kegiatan Apel Bendera ini dan kami berharap dimasa akan datang PERSAGI Aceh akan terus bekerja sama dalam upaya meningkatkan status gizi dan kesehatan para siswa kami agar menjadi alumni SMK-SMTI yang Sehat dan Produktif,” harapnya.

Menurut Zulfan, S.Tr.Gz selaku Ketua Forum Ahli Gizi Muda Aceh, kegiatan ini dilaksanakan adalah sebagai bentuk kepedulian para Ahli Gizi Muda Aceh kepada masyarakat khususnya kepada para siswa-siswi yang merupakan generasi muda yang akan menjadi penerus estafet generasi bangsa ini kedepan.

“Kita mengharapkan seluruh anak sekolah, para remaja khusunya di Aceh memiliki tingkat kesehatan yang prima sehingga akan memiliki kecerdasan dan produktif sehingga mampu menghadapi tantangan dan persaingan dimasa depan,” ungkapnya. (ra/rus)