Abdya Miliki Jengkol Unggulan

Foto: Gubernur Aceh Nova Iriansya menyerahkan sertifika jengkol unggulan kepada Bupati Abdya, Rabu (3/2). | Rahmat/Rakyat Aceh

Harianrakyataceh.com – Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyerahkan sertifikat varietas unggul nasional jengkol Abdya kepada Bupati Akmal.

Penyerahan sertifikat itu, berbarengan dengan peresmian jembatan krueng teukuh yang berlangsung desa Lama Tuha Kecamatan Kuala Bate, Kabupaten Abdya, Rabu (3/2).

Gubernur Aceh dalam sambutanya menegaskan juga untuk kedepan agar tidak bergerak dihulu akan tetapi kita mencoba pelan-pelan untuk melakukan hilirisasi minimal barang Sengah jadi. Artinya, jengkol tidak cukup jualnya di atas pohon saja akan tetapi olah sedikit menjadi suatu produk.

“Saya rasa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat petani jengkol ini tidak hanya dapat infestasi dari luar, sebab banyak pengusaha-pengusaha kita yang sudah mapan dalam hal bisnis,” katanya.

Sementara Bupati Abdya Akmal menyebutkan, jengkol Abdya sudah keluar sertifikat dari menteri pertanian republik Indonesia bahwa ini adalah jengkol paling unggul di Indonesia.

“Saya liat tahun lalu pengadaan jengkol Provinsi Aceh sampai Rp15 milyar. Sumatra Utara juga miliyaran pengadaan jengkol. “Nah, sekarang pengadaan jengkol seluruh Indonesia, kalau tidak ada dukungan Abdya tidak akan menang tendernya,” sebutnya.

Jengkol ini katanya akan menghidupkan perekonomian baru di Abdya khususnya di Aceh. Menurutnya, jengkol ini bisa berproduksi sampai 1Ton keatas dalam satu batang dengan usia tanam 10 tahun keatas.

“Dalam sekali panen jengkol ini bisa menghasilkan diatas Rp500 juta. Jauh diatas penghasilan anggata DPRA yang resmi atau penghasilan eselon II,”ucap Akmal yang disambut seruan tepuk tangan. (mat)