Aceh Barat Terima Vaksin Corona

Aceh Barat Terima Vaksin Corona

MEULABOH (RA) – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat akhirnya mendapatkan kiriman vaksin Sinovac dari Pemerintah Provinsi Aceh, melalui Dinas Kesehatan Aceh yang diterima langsung oleh kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat di halaman Dinas setempat, Senin (1/2).

Saat serah terima ini dilaksanakan, turut berhadir Dandim 0105 Aceh Barat, Tim Polres Aceh Barat dan Satpol-PP Kabupaten Aceh Barat.

Kadis Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Syarifah Junaidah, menuturkan vaksin yang diterima Kabupaten Aceh Barat, sebanyak 1.867 pcs vaksin Sinovac yang diserahkan oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Kesehatan Aceh.

Selanjutnya vaksin ini akan didistribusikan kepada empat rumah sakit, 13 Puskesmas, 2 Rumah Sakit swasta, antara nya RS Montella dan RS Harapan Sehat serta Dokkes Polres Aceh Barat.

Lebih lanjut, ia menjelaskan pendistribusian vaksin ini akan dikawal ketat oleh Satpol-PP dan TNI Polri yang akan dilaksanakan segera.

Dalam pelaksanaan vaksinasi ini, pemerintah kabupaten Aceh Barat telah menyiapkan tenaga vaksinator sebanyak 65 orang yang ditempatkan di masing-masing puskesmas pada kabupaten Aceh Barat.

Pelaksanaan vaksinasi ini tidak dipaksakan kepada masyarakat, bagi yang tidak bersedia divaksin tidak diberikan sanksi apapun, namun Syarifah berharap kesadaran masyarakat agar tetap tinggi dengan pemahaman pentingnya vaksinasi ini dalam rangka mencegah merebaknya virus Covid-19.

Petunjuk teknis resmi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sejumlah orang yang tidak diperbolehkan mendapat vaksin yakni orang yang sudah terkonfirmasi virus Covid-19, ibu hamil dan menyusui, sedang mengalami gejala ISPA, memiliki riwayat alergi berat, sedang terapi jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah.

Selain itu, upaya vaksinasi tersebut juga dilakukan untuk meningkatkan sinergisitas program pemerintah pusat dengan program pemerintah daerah untuk menekan kasus virus Corona di daerah.(den/rus)