Kapal Feri KMP Aceh Hebat 1, Rezeki Anak Pulau

Kapal Feri KMP Aceh Hebat 1, perdana sandar di pelabuhanSinabang, Kabupaten Simeulue. Selasa (2/2). } AHMADI/RAKYATACEH

Harianrakyataceh.com – Ratusan pasang mata, tertuju pada benda terapung yang bergerak di laut Teluk Sinabang, ketika mendengar suara pluit pertama yang berasal Kapal Feri KMP Aceh Hebat 1 berbunyi sekitar pukul 07:46 WIB, saat hendak memasuki area pelabuhan Sinabang, Selasa (2/2).

Sejumlah kenderaan roda empat turun perlahan dari atas kapal feri, kemudian pukul 08:46 WIB menyusul turun dari atas kapal feri KMP Aceh Hebat 1 Gubernur Aceh Nova Iriansyah didampingi istri dan rombongan pejabat teras Pemerintah Aceh, yang disambut langsung Bupati Erli Hasyim, Wabup Hj Afridawati serta unsur Forkopimda setempat.

Bupati Erli Hasyim dalam sambutannya, menyebutkan kapal feri KMP Aceh Hebat 1 merupakan impian dan kado istimewa untuk masyarakat Simeulue yang diantar langsung dan diserahkan oleh orang nomor satu di Provinsi Aceh.

“Impian yang terwujud dan kado istimewa untuk masyarakat Simeulue, dengan kedatangan kapal feri KMP Aceh Hebat 1 yang diantar dan diserahkan langsung oleh pak Gubernur Aceh,” katanya.

Sementara Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam sambutan singkatnya yang digelar di pelabuhan Sinabang itu, menyebutkan kapal feri KMP Aceh Hebat 1 itu merupakan rezeki anak pulau, disebabkan salah satu kapal feri yang canggih, modern dan handal serta dirancang secara spesifikasi untuk transportasi rute lintasan antar pulau Simeulue dan Sumatera.

“Kapal feri KMP Aceh Hebat 1 ini, merupakan rezeki anak pulau, disebabkan selain canggih, modern dan handal yang dirancang untuk kebutuhan transportasi laut antar pulau. Kapal ini juga gagah, anggun, cantik dan nyaman,” kata Gubernur Aceh dalam sambutannya.
Dia juga menambahkan, selain rezeki anak pulau juga dengan kehadiran dan beroperasinya kapal feri KMP Aceh Hebat 1 yang modren dan canggih ini, menjadi sejarah awal dunia transportasi laut Kabupaten Simeulue yang modern dan terbuka, sehingga dapat dimanfaatkan untuk melayani transportasi laut selama 40 – 5 tahun.

Setelah berhasil uji berlayar dari Calang ke Simeulue selama 12 jam, uji sandar di pelabuhan Sinabang, Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyerahkan langsung kapal feri KMP Aceh Hebat 1 kepada Bupati Erli Hasyim, serta meminta kapal feri yang dibeli dengan dana APBA itu untuk dijaga dan digunakan secara baik dan maksimal.

Selanjutnya setelah pertemuan singkat tersebut, Gubernur Aceh menyerahkan sebanyak? 1.315 vaksin Sinovac Covid19, dan dilanjutkan kegiatan peninjauan proyek multiyears dengan menunggangi kenderaan roda dua jenis Motor Gede (Moge) R1250 BL 5139 AAN.

Kegiatan Gubernur Aceh yang awalnya direncanakan akan meninjau kegiatan pembangunan irigasi raksasa di desa Sigulai, Kecamatan Simeulue Barat, dibatalkan disebabkan waktu tidak memungkinkan, dan tepat pukul 17:00 WIB, Selasa (2/2), Nova Iriansyah kembali berlayar dengan kapal feri KMP Aceh Hebat 1, dari Simeulue ke Calang.

“Awalnya telah diagendakan, peninjauan irigasi di Simeulue Barat, namun waktu yang membatasi. Pak Gubernur Aceh kembali ke Calang dengan kapal Feri KMP Aceh Hebat dan saat ini kapal feri sudah bergerak meninggalkan pelabuhan Sinabang,” kata Ali Muhayatsyah, Kabag Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Simeulue, kepada Harian Rakyat Aceh, Selasa (2/2). (ahi/rus)