Razia Masker Digelar, Pengguna Jalan Putar Haluan

Harianrakyataceh.com – Hampir setiap hari baik siang maupun malam, petugas gabungan di Pidie Jaya melakukan razia masker di jalan raya terutama di tempat-tempat strategis termasuk seputaran Kota Meureudu. Hal itu dimaksudkan untuk mencegah penularan Covid-19. Lazimnya, begitu razia digelar, pengguna jalan bergegas balik arah atau putar haluan mencari rute alternatif kearah tujaun.

Pun begitu, amatan Rakyat Aceh, tidak sedikit juga pengguna jalan yang tidak mengenakan masker kepergok petugas karena laju kendaraan yang tergolong cepat. Saat ditanya kenapa tidak menggunakan masker, alasannya beragam. Ada yang menyebutkan, kelupaan dan baru kali ini serta maskernya ada di kantong atau bagasi sepmor. Ada  pula yang beralasan, tidak ada masker.
Kendati beragam alasan, tapi petugas gabungan (polisi, tentara, Satpol PP serta  Dishub) tidak memberi sanksi berat. Kecuali hanya sekedar menyuruh baca ayat pendek mana yang bisa dibaca si pelanggar tadi. Setelah itu, sambil menyedorkan masker, petugas juga mengingatkan supaya hal serupa jangan terulang lagi. Kemudian dipersilahkan untuk melanjutkan perjalanan.
Ada juga warga yang terkejut begitu melihat adanya razia masker. Sebagian langsung putar haluan sehingga tak sedikit yang nyaris tersenggol sesama pengguna jalan. Dan ada juga yang nekat melintasi walau tak mengenakan masker. Petugas gabungan juga menemui pedagang dan mengingatkan agar menggunakan masker. “Setiap kali diingatkan pakai masker, tapi masih juga membandel,” kata seorang petugas.
Seputaran Kota Meureudu, razia sering digelar, depan Kana Wisma (sudut lapangan sepakbola), depan rumah Sekdakab atau bundaran masuk kota serta depan Kantor Koramil. Sementara di sejumlah kecamatan, lokasinya antara lain menjelang masuk ibukota kecamatan atau di lokasi-lokasi strategis lainnya.
Layaknya petugas Satlantas melakukan razia kelengkapan surat-surat kendaraan, pada razia masker pun sesama pengguna jalan saling memberi tahu di depan ada razia dengan kode yang memang mudah diketahui.
Ketua Tim Gugus Covid-19 Pidie Jaya, Okta Handipa yang dikonfirmasi Rakyat Aceh, Rabu (3/2/2021) membenarkan masih banyak warga yang enggan mengenakan masker ketika keluar rumah termasuk di jalan-jalan raya atau kerumunan orang. Pemandangan seperti itu, lanjut Okta,  juga terlihat di beberapa kabupaten lainnya. Pun begitu, razia protkes di Pijay tetap berlanjut. (mag-87)