Jalan Buluh Seuma Trumon Mulai Dikerjakan

Harianrakyataceh.com – Jalan Buluh Seuma, Trumon Aceh Selatan menuju Aceh Singkil mulai ditingkatkan, Kamis (4/2).

Acara ground breaking (dimulainya pekerjaan) itu ditandai oleh Gubernur Aceh Nova Iriansyah bersama Bupati Aceh Selatan, Asisten II Pemerintah Aceh, Mawardi, Kadis PUPR, Mawardi dan anggota DPRA T Sama Indra serta Karo Humas Muh Iswanto.

Pembangunan jalan ini total panjang 71 km Dari Keude Trumon sampai Kilangan, Aceh Singkil dengan 11 jembatan besar, sedang dan kecil. Jika selesai maka jarak tempuh hanya 1,5 jam perjalanan dari sebelumnya 3 sampai 4 jam.

Sementara kontraktor pelaksana PT Wiratako Mulya – segmen sepanjang 17,5 km menggunakan dana Otsus 2021 dengan anggaran Rp 68,9 milyar. Kemudian ada PT Sapta Unggul dan PT Rimbilo Permai.

Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan, panjang sekali perjuangan membangun jalan yang menjadi banyak perbincangan di kalangan publik.

“Alhamdulillah jalan ini sudah terprogram dan masuk dalam pembangunan tahun 2021 ini. Jangan hanya melihat sebagai fisik saja. Tetapi saling silaturrahmi,” ujar Nova.

Kemudian jika jalan selesai, ekonomi pasti berkembang, pariwisata dan pertanian, maka Aceh Selatan perlu ada satu program unggulan. Dan yang saya lihat di daerah ini wisata sejarah dengan mengunjungi situs sejarah.

Kepada para rekanan gubernur minta agar dikerjakan dengan baik. Kondisi alam, baik hujan, longsor, maka harus menjadi tanggungjawab bersama (satu tim). “Kepada aparat hukum, kalau ada kesalahan agar cepat ditegur, jangan diakhir susah payah diperbaiki kembali,” jelasnya.

Mudah mudahan tidak ada yang membuat buat masalah karena jalan ini dibangun untuk kesejahteraan rakyat. Kerja cerdas, kerja keras dan kerja ikhlas. (imj)