Hapkido Bisa Jadi Salah Satu Cabor Andalan Aceh

Harianrakyataceh.com – KONI Aceh menyebut, Hapkido bisa menjadi suatu cabang olahraga bela diri andalan bagi Aceh di berbagai event nasional dan PON XXI/2024 Aceh – Sumatera Utara.

Ketua Umum KONI Aceh, Muzakir Manaf yang diwakilli Ketua Harian, Kamaruddin Abubakar atau Abu Razak menyebutkan itu pada pelantikan dan pengukuhan Pengurus Provinsi Hapkido Indonesia (Pengprov PPHI) Aceh di salah satu hotel berbintang di Banda Aceh, Sabtu (6/2).

Pelantikan Pengprov Hapkido Aceh dengan Ketua Umum Amal Hasan, dilakukan Ketua Umum Pengurus Pusat Hapkido Indonesia, yang diwakilli Wakil Ketua Umum Widi Nugroho Sahib sekaligus membuka rapat kerja daerah (Rakerda) Hapkido Aceh.

Menurut Abu Razak, Hapkido yang terbilang cabang olahraga baru dan baru menjadi anggota KONI Aceh, namun dalam catatan KONI Aceh, para atlet atlet Aceh telah meraih sejumlah prestasi medali emas di kejuaraan internasional.

Dasar itulah, olahraga beladiri asal Korea Selatan ini bisa menjadi andalan Aceh di berbagai even nasional ke depan dan PON XXI/2024 Aceh-Sumut, untuk cabang olahraga Hapkido, Aceh akan menjadi tuan rumah.

“Prestasi yang telah diraih tersebut menjadi modal untuk meningkat terus prestasi,” ujarnya.

Kecuali itu, sebutnya, kedepan, KONI Aceh yang sedang mempersiapkan atlet akan mengikuti PON XX Papua yang akan digelar 2 – 13 Oktober 2021. Selanjutnya menjadi tuan rumah Porwil dan PON XXI/2024 bersama Sumatera Utara.

“KONI yakin Hapkido Aceh dengan kepengurusan yang baru dilantik ini dapat tampil pada eksibisi di PON Papua dan meraih prestasi pada PON XXI/2024,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Hapkido Aceh, Amal Hasan berkomitmen saling bahu-membahu, bersinergi dengan program KONI Aceh dalam memajukan prestasi olahraga Hapkido

Amal Hasan mengatakan, Hapkido siap tampil eksibisj pada PON Papua dan siap menjadi tuan rumah pelaksana pertandingan cabang hapkido pada PON XXI/2024 Aceh-Sumut, sekaligus meraih terbaik.

Dalam kesempatan ini ia menyampaikan, Hapkido belum memiliki markas atau sekretariat, dan berupaya bisa memilikinya. KONI Aceh dan Pemerintah Aceh melalui Dispora Aceh bisa membantunya.

Dalam kesempatan sama, Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Hapkido, Widi Nugroho Sahib mengatakan, olahraga Hapkido yang militansi dan sudah berkembang di seluruh provinsi di Indonesia.

Katanya, Hapkido akan dipertandingan eksibisi pada PON Papua dan akan menjadi cabang olahraga yang resmi dipertandingan di PON XXI/2024 Aceh-Sumut. (imj/rif)