Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

LHOKSEUMAWE · 9 Feb 2021 16:01 WIB ·

Pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan Harus Selesai Sebelum Ramadhan


 Pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan Harus Selesai Sebelum Ramadhan Perbesar

BIREUEN (RA)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen menggelar rapat koordinasi pemantapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-35 tingkat Kabupaten. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Sekda Bireuen, Ir Zulkifli SP di Oproom Kantor Bupati setempat, Selasa (9/2).

Dalam kesempatan ini, Zulkifli mengajak semua pihak untuk sama-sama memikirkan persiapan pelaksanaan kegiatan MTQ guna memperoleh hasil maksimal.

“Ucapan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh camat lingkup Kabupaten Bireuen yang senantiasa memikirkan persiapan pelaksanaan kegiatan MTQ tahun ini, semoga terlaksana dengan sukses,” ujarnya.

Di sela-sela kegiatan, Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Bireuen, Anwar, S.Ag, M.A.P kepada Rakyat Aceh mengatakan, mengingat masa pandemi covid-19, pelaksanaan kegiatan MTQ ke-35 tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Sebab, kata Anwar, pelaksanaan MTQ ini hanya bisa dilakukan siang hari dan tidak diperbolehkan pelaksanaannya pada malam hari demi menjaga kerumunan massa. Sementara untuk tempat pelaksanaan juga dianjurkan dilakukan di ruangan tertutup dengan kapasitas peserta yang dibatasi.

Karena itu, Anwar berharap kepada seluruh panitia untuk memperhatikan segala hal yang berkaitan dengan penyelengaraan MTQ. Termasuk yang berkaitan dengan keperluan yang dibutuhkan, seperti menyediakan masker kepada peserta, alat pengecek suhu tubuh di pintu masuk ruangan, Hand sanitizer, dan mengatur kursi dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Saya harap yang ada hubungannya dengan prokes, baik itu persiapan lokasi atau tempat, kemudian sarana dan prasarana yang dibutuhkan agar dipersiapkan sedini mungkin, sehingga hasilnya memuaskan,” ujar Anwar.

Disebutkan, ada tujuh cabang perlombaan yang diperlombakan tahun ini, yaitu cabang Tilawah Al-Qur’an, Qiraat Al-Qur’an, Cabang Hifzh Al-Quran, Tafsir Al-Qur’an, cabang Fahm Al-Qur’an, Syarh Al-Qur’an, Khath Al-Qur’an, dan cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ).

Sementara pelaksanaan kegiatan MTQ ke-35 tingkat kecamatan, harus selesai pada bulan Maret atau sebelum memasuki bulan Ramadhan. Sedangkan untuk tingkat Kabupaten, dijadwalkan pada bulan Juni-Juli mendatang.

Rapat koordinasi turut dihadiri perwakilan dari Kapolres Bireuen, perwakilan Dandim Bireuen, Kasatpol PP dan WH, Para Camat, Tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. (akh)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Jalin Silaturahmi, PT PIM Buka Puasa Bersama Semua Stakeholder

29 March 2024 - 15:25 WIB

PAG Bukber Bersama 100 Wartawan

29 March 2024 - 14:58 WIB

Himamen Unimal Rayakan Milad ke-20 dan Buka Puasa Bersama

29 March 2024 - 05:02 WIB

Dandim 0103/Aceh Utara Bukber dan Santun Anak Yatim

28 March 2024 - 21:15 WIB

BSI Regional Aceh Dorong Penguatan Transaksi Digital Masjid

28 March 2024 - 19:36 WIB

Satnarkoba Polres Lhokseumawe Amankan 26 Tersangka dalam 14 Kasus Narkotika

26 March 2024 - 21:50 WIB

Trending di LHOKSEUMAWE