Peringati Maulid, Darul Muta’alimin Gelar Serangkaian Kegiatan MTQ

BIREUEN (RA) – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, Tempat Pengajian Qur’an (TPQ) Darul Muta’alimin, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, menyelenggarakan serangkaian kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di balai pengajian setempat, Minggu (7/2).

Ada sembilan cabang perlombaan yang diperlombakan, yaitu lomba pidato, hafalan juz 30, hafalan surat Al-Kahfi, hafalan do’a sehari-hari, hafalan surat pendek, lomba hafal sifat 20 beserta dalil, lomba praktek dan hafalan doa shalat jenazah, lomba azan beserta doa, dan lomba baca kitab.

Semua cabang perlombaan terselesaikan dengan maksimal selama seharian dan diikuti oleh 51 peserta terpilih untuk berbagai perlombaan.

Selain menggelar serangkaian kegiatan MTQ, TPQ Darul Muta’alimin Gandapura mengadakan malam pembagian hadiah serta Dakwah Islamiah yang di sampaikan oleh Tgk Bukhari SY pada Minggu malam dimulai sejak pukul 20.30 hingga 00.30 WIB.

Pimpinan balai pengajian TPQ Darul Muta’alimin dan juga merupakan seorang ulama yang mendalami Al- Qur’an, Tgk. H. Zakaria Abdullah mengatakan, rasa syukur kepada Allah.Swt, yang senantiasa melimpahkan Rahmat dan Inayah-nya kepada kami semua sehingga sampai saat ini balai Pengajian yang sudah didirikan sejak tahun 1963 masih berdiri kokoh di Gandapura.

Tgk Zakarian menyebutkan, sudah banyak alumni dari santri Darul Muta’alimin yang sudah sukses di bidangnya masing-masing. Maka dari itu kami terus memberikan motivasi kepada para santri supaya selalu mengedepankan kepeduliaannya terhadap ilmu agama untuk bekal masa depan mereka.

“Dalam moment bulan lahirnya Nabi Muhammad SAW, kami senantiasa selalu mengarahkan para santri untuk peduli terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan seperti mendalami Al Qur’an dengan baik dan benar, karena pedoman orang Islam dalam berkehidupan tidak dapat di pisahkan dari isi kandungan Al-Qur’an,” ujar Tgk Zakaria yang sering disapa Pakwa ini.

Pada kesempatan ini melalui Rakyat Aceh, guru besar dan pengelola TPQ Darul Muta’alimin, Tgk Alidin juga menyampaikan, krluarga besar Darul Muta’alimin mengharapkan dukungan dari masyarakat agar selalu menjenguk anak-anaknya yang sudah diamanahkan untuk diajarkan pengetahuan agama.

“Besar harapan kami, semoga dengan terselenggarakannya kegiatan-kegiatan yang bernuansa Islami seperti ini dapat menumbuhkan minat para santri untuk selalu belajar pendidikan agama dan selalu rajin mendalami kandungan isi Al- Quran,” sebut Tgk Alidin.

Pada penutupan acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) turut di hadiri oleh Keuchik Desa Lingka Kuta, para aparatur Desa , tokoh masyarakat, wali santri, masyarakat sekitar, para alumni dan ratusan santri Darul Muta’alimin. (akh)