Polsek Birem Bayeun Ringkus Pengedar Sabu

Kapolsek Birem Bayeun memperlihatkan barang bukti dan tersangsa pengedar sabu, Senin (8/2). BAHTIAR HUSIN/RAKYAT ACEH

LANGSA (RA)- Satuan Reskrim Polsek Birem Bayeun, Aceh Timur, berhasil meringkus satu orang tersangka pengedar sabu, Indra Lukman (38) warga setempat, yang selama ini beroperasi di wilayah hukum Polres Langsa, Senin (8/2).

Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro Nusantoro SH SIK MH melalui Kapolsek Birem Bayeun Iptu Eko Hadianto SE MH mengatakan, penangkapan tersangka dilakukan pada Minggu (7/2) petang sekira pukul 17.40 WIB.

“Bersama tersangka berhasil kita amankan barang bukti berupa 2 paket besar sabu seberat 125,11 gram dan 8 paket kecil sabu seberat 0,81 Gram dan 1 paket 0,07 gram serta 1 unit hp dan 1 unit sepeda motor yang digunakan tersangka saat melakukan aksinya,” sebut Eko.

Eko menjelaskan, penangkapan tersangka pengedar sabu tersebut berawal dari informasi masyarakat, pada sore hari di gampong tersebut tersangka sering wara wiri dengan sepeda motornya yang diduga mengedarkan sabu.

Perbuatan tersangka ini membuat warga setempat resah dan akhirnya melaporkan perihal dimaksud ke Polsek setempat.

Lanjutnya, menindaklanjuti informasi tersebut tim Reskrim Polsek Birem Bayeun, pada Minggu sore langsung melakukan penyelidikan ke lokasi. Sesuai dengan informasi, petugas melacak pelaku yang mengedarkan sabu mengendarai sepmor.

“Pada pukul 17.30 Wib, akhirnya kita melihat orang sesuai dengan ciri-ciri yang dimaksud dan menyuruh pelaku untuk berhenti. Ternyata upaya persuasif kita ini dilawan oleh pelaku dengan berusaha kabur, sehingga petugas melakukan pengejaran dan akhirnya tertangkap di rawa-rawa Gampong Meurebou Dua, Kecamatan Birem Bayeun,” sebut Eko.

Tambahnya, kepada petugas tersangka mengaku menyimpan barang bukti sabu di rumahnya. Tersangka juga mengaku barang bukti tersebut di dapat dari tersangka LEM (DPO) di Aceh Utara. “Saat ini pelaku dan barang bukti kita amankan di Mapolsek untuk penyidikan lanjut,” kata Eko. (dai/bai)