Kobaran Api Hanguskan 5 Rumah di Peusangan

BIREUEN (RA) – Kobaran Api yang sangat besar menghanguskan Empat rumah kos semi permanen milik almarhum H Hamdaruddin dan satu rumah permanen milik Rasyidin, warga Desa Meunasah Dayah Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Selasa malam (9/2) sekitar pukul 19.50 WIB.

Menurut informasi yang diperoleh awak media, insiden bermula di salah satu rumah kost yang penyewanya belum pulang kerja, terlihat oleh tetangga api sudah membubung ke atap rumah. Dan spontanitas masyarakat minta tolong membantu apa yang bisa mereka perbuat dan menghubungi pemadam kebakaran Bireuen.

Angin yang sangat kencang bersama kobaran api diperkirakan merugikan ratusan juta milik korban, karena harta benda pemilik rumah tidak bisa di selamatkan.

Kedatangan mobil pemadam kebakaran dari Bireuen yang jaraknya 10 Kilometer dengan lokasi kebakaran, tidak dapat mengantisipasi kobaran api yang telah meludeskan 5 rumah tersebut.

Damkar hanya mampu mencegah rumah lain milik Rasyidin berupa rumah permanen yang mulai terbakar atap dan bagian belakang.

Kepala BPBD Kabupaten Bireuen, Teguh Mandiri Putra, S.STP saat dikonfirmasi Rakyat Aceh via seluler, Rabu (10/2) mengatakan, setelah mendapatkan informasi dari salah satu masyarakat setempat, pemadam kebakaran langsung bergegas ke TKP.

Hingga saat ini, sebut Teguh, pihaknya belum dapat memastikan sebab terjadinya kebakaran tersebut, namun diperkirakan percikan api dari kosleting listrik membuat api langsung membesar dan menghanguskan 4 unit rumah semi permanen serta imbas 1 rumah permanen.

Api dapat di padamkan selama 1 jam setelah tiba pemadam, mereka di bantu masyarakat dan TNI/polri. Tim pemadam mengarahkan 2 unit mobil pemadam induk , yang di 2 unit perbantu mobil pemadam pos Simpang Kuta Blang.

“Upaya yang dilakukan saat ini berupa, pemasangan 1 Unit tenda regu, serah terima Bantuan masa panik,” sebutnya. (akh)