Warga Ulee Gle Belum Mendapatkan Air Bersih

DUA pemuda Gampong Ulee Gle Kecamatan Bandardua, Pidie Jaya mengamati bak penampungan air di desanya yang sejak rampung sekitar 3 tahun lalu, hingga kini belum tersuplai air. Foto direkam, Sabtu (6/2/2021).Abdullah Gani/Rakyat Aceh

MEUREUDU (RA)- Warga Gampong Ulee Gle, Kecamatan Bandardua, Pidie Jaya, hingga kini belum mendapat air bersih, meskipun permohonan sudah berulangkali diajukan.

Muslim, warga Gampong Ulee Gle yang dikonfirmasi , Selasa (9/2) mengisahkan kepedihan yang mereka alami. Pasalnya, air bersih yang menjadi kebutuhan utama justru sudah puluhan tahun belum pernah dinikmati. “Yang namanya air bersih suplai dari PDAM, hingga sekarang belum pernah kami nikmati,” kata Muslim.

Mengingat air sebagai salah satu sumber kehidupan, Muslim dan juga warga setempat berharap perhatian Pemkab. Kalau pun air dari PDAM tidak bisa dialiri, setidaknya tersedia sebuah sumur bor di gampong tersebut.

Keuchik Gampong Ulee Gle, Safwanuddin mengatakan, warga sudah sering mengeluh ketiadaan air bersih. Bahkan, satu unit bak penampungan air yang dibangun tahun 2017 lalu hanya mimpi belaka. “Sudah empat tahun bak rampung dibangun, air yang dijanjikan akan tersuplai ke gampongnya ternyata hanya mimpi belaka,” katanya.

Petugas tehnis PDAM Tirta Krueng Meureudu, Edy Gunawar yang dikonfirmasi mengatakan, bak penampungan PDAM sudah dilakukan uji coba. Tapi karena letak gampong tersebut di perbukitan yang lumayan tinggi, sehingga air sulit terjangkau kesana.

Pihaknya berjanji akan berupaya semaksimal mungkin supaya warga yang bermukim di kawasan tersebut juga bisa menikmati air bersih. “Insya Allah, tahun ini kembali akan kami usahakan air bersih untuk warga Gampong Ulee Gle,” sebut Edy.

Belakangan Wakil Bupati (Wabup) Pijay, H Said Mulyadi, juga kembali meminta PDAM supaya air untuk warga Gampong Ulee Gle diupayakan terjangkau. (mag87/bai)

Baca Juga...  GAP Umuslim Bireuen Serahkan Bibir Pohon Kepada Korban Banjir