Sekda Provinsi Aceh Kunjungi Kesrem, Taqwallah: Nakes Semangat Vaksin, Beri Contoh Masyarakat

LHOKSEUMAWE (RA)– Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Aceh dr. Taqwallah M.Kes mengatakan, kehadirannya di Lhokseumawe secara umum untuk memberikan motivasi dan memastikan kepada semua Nakes dan dokter tetap semangat untuk mengikuti vaksinasi dan bertindak selaku vaksinator. Hal ini berdasarkan informasi awal bahwa sejak 10 hari pertama, angka cakupannya masih rendah.

Ia pun menyebutkan akan tetap bersemangat seperti di Sigli, Bireuen, Pidie Jaya, Aceh Tengah dan Bener Meriah, termasuk di Lhokseumawe dan ia pun yakin semua siap diVaksin, kata Sekda saat mengunjungi sekaligus menyaksikan vaksinasi terhadap Tenaga Kesehatan TNI, di Rumah Sakit TK IV IM.07.01 Lhokseumawe yang lebih dikenal dengan rumah sakit Kesrem, Kamis (11/2/2021), pagi.

Diketahui, Selain mengunjungi Rumah Sakit Kesrem TK IV IM.07.01 Lhokseumawe, Sekretaris Daerah Provinsi Aceh dr. Taqwallah M.Kes didampingi Danrem 011/LW, Sekda dan Kadiskes Lhokseumawe, Dandenkesyah dan Karumkit Kesrem, Dandempom IM/I Lhokseumawe, serta pejabat lainnya, mengunjungi Puskesmas Banda Sakti, jalan Teratai Putih, Hagu Barat Laut, Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Lebih lanjut dr. Taqwallah mengatakan, agar betul-betul dipisahkan antara yang layak atau tidak layak untuk divaksin, seperti Ibu-ibu hamil, menyusui, dan yang pernah positif termasuk yang memiliki riwayat hipertensi lama, kencing manis, pernah kanker, maupun ada komorbid lainnya, dipisahkan ke lompok B. Sementara kelompok A nya dilanjutkan vaksinasi, tuturnya.

“Untuk stok vaksin tentunya sudah disediakan oleh pemerintah sesuai kebutuhan di daerah dan saya sangat optimis vaksini sampai detik ini tidak ada kendala”, ungkapnya.

Selain itu, kata Sekda Provinsi Aceh, bahwa operasional Laboratorium (LAB) Polymerase Chain Reaction (PCR), seperti yang dimiliki Rumkit Kesrem, sangat mahal dan penting, “Sama halnya dengan yang ada di Banda Aceh. Saran saya secara pribadi agar diatur betul jam operasional Labnya, pengiriman sampel, sampai dengan keluar hasil, sehingga bisa efektif dan cepat”, ucapnya dalam relisnya kepada Rakyat Aceh.

Sementara itu, Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro mengatakan, bahwa inilah salah satu ikhtiar kita untuk dapat mengatasi pandemi ini. Namun, meski sudah vaksin, protokol kesehatan tetap diterapkan dengan baik, yaitu pakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan selesai aktivitas. (arm/ra)