Bahaya Debu Batubara, PELMAKES Bagi Masker

Harianrakyataceh.com – Perserikatan Lembaga Mahasiswa Kesehatan (PELMAKES) Aceh Barat menggelar aksi bagi masker kepada masyarakat umum dalam rangka kampanye bahaya debu batubara, Kamis (11/2).

Aksi yang mengikut sertakan seluruh perwakilan mahasiswa kesehatan di Aceh Barat dilakukan langsung di areal jalan raya berdekatan dengan stoppel batubara milik PT. MIFA Bersaudara.

Dalam aksinya, kordinator aksi pembagian masker, Taufik Hidayat menyampaikan tujuan aksi pembagian masker tersebut, bertujuan untuk mengedukasi masyarakat umum bahwa bukan hanya covid 19 yang berbahaya sehingga harus menggunakan masker, karena debu juga sangat berbahaya.

“Kajian kita secara kesehatan debu batubara juga sangat mematikan, oleh sebab itu masyarakat sekitar Stockpile harus berhati-hati sebab efeknya sangat berbahaya bagi kesehatan,” ucap taufik

PELMAKES juga mendorong pemerintah agar segera menyelesaikan masalah pencemaran udara bahkan laut yang dilakukan perusahaan tambang batubara.

“Kita sudah mengambil semua sampel, kondisi pencemaran udara maupun laut sudah jelas dirasakan oleh masyarakat sekitar Stockpile maupun nelayan lokal Aceh Barat,” pengakuan Taufik.

Kondisi demikian, dinilai harus di akhiri, perspektif lingkungan buruk dengan tingkat gangguan kesehatan, mulai masuk stadium parah dan membahayakan masyarakat secara umum.

“Pemerintah Aceh maupun Pemda wajib bergerak cepat menyelesaikan keluhan-keluhan masyarakat selama ini, dengan mencari solusi bijaksana,” harapnya. (den/rif)