Bupati Akmal: SKPK Tidak Menjalankan Visi Misi Bupati Harus Dievaluasi

Harianrakyataceh.com – Bupati Abdya Akmal Ibrahim menyebutkan bahwa, suatu program yang tidak sesuai dijalankan dengan visi dan misi Bupati, maka Kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) itu harus dievaluasi.

Hal itu diungkapkan orang nomor satu di Abdya pada saat rapat forum konsultasi publik dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) setempat untuk tahun 2022 mendatang, yang berlangsung di Aula Bappeda setempat, Kamis (11/2).

“Suatu program yang dijalankan oleh SKPK tidak sesuai dengan visi misi Bupati maka harus dievaluasi,”katanya.

Disebutkan, Bupati tidak ril dalam operasional, dia hanya menetapkan tujuan saja. “Saya berharap forum ini bisa menjawab resolusi, saya percaya kepada kemampuan kita tinggal kita asah dan kita satukan,”sebutnya.

Menurutnya, forum konsultasi publik ini sangat penting dilakukan dengan tujuan untuk merumuskan program yang ada dan pertanggungjawaban serta menyahuti problem-problem umum dimasyarakat agar kerja-kerja RKPK memberi solusi bukan menciptakan poblem yang baru.

“RKPK ini kerja pemerintah yang saban tahun dilakukan. Pemerintah itu hadir untuk memberi solusi bukan menciptakan problem baru. “Awalnya disini, dengan begitu pentingnya forum ini, maka harus serius,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Abdya, Firman, dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan forum konsultasi publik rancangan awal RKPK ini untuk memenuhi tahapan dalam penyusunan RKPK Abdya tahun 2022 sesuai dengan ketentuan Permendagri Tahun 2017.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk mendapatkan masukan dan saran penyempurnaan dalam penyusunan dokumen rancangan awal RKPK Abdya tahun 2022,”katanya.

Adapun hasil yang dicapai nantinya kata Firman, tersedianya bahan masukan yang dibahas bersama kepala SKPK dan pemangku kepentingan guna penyempurnaan rancangan awal RKPK Abdya tahun 2022.

Kemudian terpenuhinya tahapan dalam penyusunan RKPK sebagaimana yang diamanatkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

Baca Juga...  Tiga Tersangka Penambang Illegal Ditangkap

Menurutnya, RKPK Abdya tahun 2022 adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam rangka peningkatan PAD dan pengentasan kemiskinan, dengan enam prioritas pembangunan.

Firman merincikan, enam prioritas pembangunan tersebut, antara peningkatan PAD dan zakat infaq dan sadaqah (ZIS), pengembangan akses dan jaringan pasar, peningkatan kualitas infrastruktur publik dan pelayanan dasar, peningkatan mutu pendidikan dan layanan kesehatan, peningkatan implementasi syariat Islam, dan peningkatan indeks reformasi birokrasi daerah. (mat/rus)