Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, menyemangati secara langsung dan virtual anak-anak sekolah menengah atas (SMA) sederajat seluruh Aceh yang mengikuti try out online masuk perguruan tinggi, sekolah kedinasan dan Polri, dari Kantor Cabang Dinas Pendidikan Aceh, di Banda Aceh, Sabtu, (13/2/2021) FOTO HUMAS PEMERINTAH ACEH

Harianrakyataceh.com – Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, menyemangati anak-anak sekolah menengah atas (SMA) sederajat seluruh Aceh yang mengikuti try out online masuk perguruan tinggi, sekolah kedinasan dan Polri. Ia mengapresiasi usaha mereka yang mau menguji dan melatih diri demi mengeyam pendidikan tinggi.

“Artinya semangat anak-anak melanjutkan pendidikan sangat besar, ini merupakan harapan besar bagi Aceh menjadi lebih baik melalui dunia pendidikan,”kata Dyah saat mengunjungi pelaksanaan try out online di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Aceh, di Banda Aceh, Sabtu, 13/2.

Istri orang nomor satu di Aceh itu berharap berbagai usaha yang dilakukan siswa untuk meraih pendidikan tinggi dapat terwujud. Ia mengatakan, semangat dan ikhtiar akan membuahkan hasil yang terbaik.

“Dengan koordinasi dan kolaborasi, kami akan terus membantu anak-anak meraih impian dan perubahan bagi masa depan anak-anak ke depan,”ujar Dyah.

Dyah mengatakan, hasil terbaik dari uji kompetensi tersebut bukanlah peringkat dan nilai saja. Lebih dari itu, hasil terbaiknya adalah usaha yang dilakukan siswa untuk melawan rasa malas dan memiliki tekad kuat meraih impian.

“Hasil try out hari ini dapat menjadi strategi bagi anak-anak dalam memilih jurusan dan kampus nantinya dan juga menjadi menjadi pengukur kemampuan diri, sehingga kita dapat terus meningkatkan minat belajar. Semangat dan semoga sukses,”kata Dyah Erti.

Try out online yang digelar Dinas Pendidikan Aceh dan Bimbingan belajar Teknos Aceh itu diikuti oleh siswa SMA sederajat di seluruh Aceh. Total peserta berjumlah 36.807 orang, dengan rincian 28.352 peserta UTBK, 3.857 Kedinasan dan 4.598 Polri. Para peserta menjawab soal ujian melalui perangkat desktop, laptop dan smarphone masing-masing. [RA]