Aiyub Abbas Ingin LUPQ Pencetak Hafiz Quran

Bupati Pidie Jaya Aiyub Abbas, bersama Wakil Bupati Said Mulyadi, berbincang dengan para santri Ulumul Quran Pidie Jaya, pada peresmian gedung baru pekan kemarin. IKHSAN/RAKYAT ACEH

MEUREUDU (RA)- Bupati Pidie Jaya Aiyub Abbas, berharap dan menginginkan Lembaga Pendidikan Ulumul Quran (LPUQ ) sebagai induk yang menghasilkan penghafal Quran di daerah itu.

Hal itu disampaikan Aiyub Abbas saat meresmikan gedung baru LPUQ yang dibangun tahun 2020 lalu dengan anggaran Rp 5,6 miliar bersumber DOKA berlokasi Gampong Rungkom, Kecamatan Meureudu, pekan kemarin.

“Harapan saya, di LPUQ Pidie Jaya ini, untuk terus melahirkan para hafiz penghafal Quran dan mampu mengharumkan nama Kabupaten Pidie Jaya ke tingkat nasional nantinya,” harapnya di hadapan para santri LUPQ.

Sebelum berubah nama, LPUQ bernama Madrasah Ulumul Qur’an (MUQ) Pidie Jaya, di bawah naungan dan binaan Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten setempat. Namun kemudian, lembaga pendidikan tersebut digabungkan dengan SMP Unggul yang direlokasi dari Kecamatan Trienggadeng.

Sehingga di LPUQ tersebut kini memiliki dua manajemen dan dua sumber pendanaan, yaitu Dinas Pendidikan Dayah dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten setempat. Santri yang mendaftar di MUQ secara otomatis menjadi siswa SMP Unggul.

Bahkan sebelum SMP Unggul bergabung, MUQ Pidie Jaya telah melahirkan dan meluluskan lebih 160 santri yang mampu menghafal beberapa juz Alquran.

Dari 160 lulusan tercatat, ada tiga santri yang tercepat menghafal Quran Madrasah Ulumul Quran Pidie Jaya itu. Mereka adalah, Nisaul Husna, asal Rhing Krueng Pidie Jaya, hafal dalam waktu enam bulan, Mukhsin, asal Lhok Pu’u Pidie Jaya, hafal dalam waktu 85 hari, terakhir Zakiatun Zuhra.

“Saya ingin menjadi ahlul Qur’an (ahli Alquran). Keinginan saya paling kuat adalah ingin membahagiakan orangtua. Karena ridha Allah tergantung kepada ridha kedua orangtua,” ungkap salah seorang santri yang berbincang dengan Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas. (san/bai)