Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NANGGROE TIMUR · 17 Feb 2021 19:48 WIB ·

Hadiri Kenduri Rakyat, Ketua DPRK Bireuen Tampung Aspirasi Petani


 Hadiri Kenduri Rakyat, Ketua DPRK Bireuen Tampung Aspirasi Petani Perbesar

BIREUEN (RA) – Acara kenduri turun sawah (khanduri blang) di Balai Tani Blang Peuranteng, Desa Tanjong Nie, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Selasa (16/2) berlangsung sukses dan khidmat.

Khanduri Blang disebut juga Kenduri Rakyat, mengingat yang menghadiri acara makan bersama ini para petani sawah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRK Bireuen, Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Peusangan, para penyuluh, Kapolsek, Danramil, imam mukim, dan tokoh masyarakat setempat.

Imum Syiek Geulempang Tujoh, Tgk Amin menyampaikan keluh kesah yang dialami para petani saat ini.

Ia meminta kepada Ketua Dewan Bireuen yang dianggap sangat merakyat, agar mempedulikan kesejahteraan petani terkait keperluan bahan pertanian. Pengadaan sanara dan prasarana juga menjadi permintaan petani setempat.

“Sebagian petani tidak tercantum namanya dalam sistem elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) penerimaan pupuk subsidi yang diterapkan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk meningkatkan ketepatan sasaran penyaluran, sehingga banyak petani yang tidak diberikan pupuk bersubsidi. Kami mohon agar dimasukkan ke RDKK untuk bisa mengambil pupuk di tempat usaha dagang,” pinta Imum Syiek.

Sementara Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar, S.Sos merespon dengan baik keluh kesah serta aspirasi para petani setempat dan meminta kepada Kepala BPP Peusangan untuk memperbarui data RDKK. Bahkan seminggu lalu, ia sudah membuka usaha tani yang di kelola oleh pemuda setempat dan menjual segala jenis bahan pertanian dengan harga merakyat. Termasuk pupuk subsidi yang sangat langka di pasaran saat ini.

Bukan hanya itu, ia juga akan memikirkan dalam 2 tahun ini, terealisasinya perbaikan lanjutan jalan Pulo Pisang menuju Simpang Kameng. Dengan hamparan Petua Limeng Blang Peuranteng, mencakup Desa Tanjong Nie, Tanjong Paya, Tanjong Mesjid, Pante Cut, dan Keude Tanjong, dengan areal hamparan lebih kurang 150 hektar, maka sangatlah perlu jalan untuk dirasakan manfaat oleh petani.

“Perbaikan jalan sangat perlu dilanjutkan, untuk menghidupkan sumber ekonomi masyarakat terutama para petani. Saya juga akan memasukkan ke dalam pokir dewan pengadaan bibit unggul yang kemudian akan di distribusikan kepada para petani,” sebut sapaan Ceulangiek ini. (akh)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Sekda Langsa Buka Kegiatan Dialog Penguatan Strategi SBS

28 March 2024 - 15:22 WIB

Tiga Kab di Aceh Dorong Pencapaian Stop Buang Besar Sembarangan

28 March 2024 - 15:00 WIB

Pemkab Aceh Tamiang Gelar Pasar Murah Rp150 Ribu/Paket 

28 March 2024 - 06:21 WIB

Pendaftaran Calon Pansel Panwaslih Bireuen Dibuka

25 March 2024 - 18:17 WIB

Dinilai Provokasi Bangsa Aceh, Rusyidi Mukhtar Kecam Panglima TNI

25 March 2024 - 14:12 WIB

Umuslim Kembali Kirim Mahasiswa ke Jepang

24 March 2024 - 16:57 WIB

Trending di NANGGROE TIMUR