Resmi Dilantik, Sekda Bireuen Siap Diberhentikan Jika Tidak Mampu Laksanakan Pakta Integritas Selama 6 Bulan

BIREUEN (RA) – Ir Ibrahim, M.Si dilantik dan diambil sumpah jabatan sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Bireuen, Selasa (16/2) di Aula Lama Setdakab setempat.

Ia dilantik oleh Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH, MSi, menggantikan Ir Zulkifli Sp yang sudah purna bakti sebagai Sekda Bireuen sebelumnya.

Dalam sambutannya, Bupati Bireuen menyampaikan, pelantikan Pejabat Tinggi Pratama yakni Sekretaris Daerah sesungguhnya adalah hal yang biasa dalam sistem manajemen ASN. Hal tersebut sebagai implementasi dari ketentuan pasal 127 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Pelantikan Sekretaris Daerah pada hari ini tentu telah melewati proses yang panjang dan sistematis, sesuai ketentuan yang berlaku. Dimulai dari pembentukan Pansel, seleksi kompetensi, pengusulan tiga nama terpilih, hingga konsultasi dan koordinasi dengan Gubernur Aceh.

“Saya sungguh menyadari penetapan Sekretaris Daerah Terpilih menimbulkan Pro dan Kontra. Perlu Saya sampaikan, Sekda adalah jabatan karir, tidak pada tempatnya mengaitkan Jabatan Sekda dengan afiliasi serta kepentingan politik tertentu,” sebutnya.

Dia berharap Sekda yang baru saja dilantik, dapat mengemban amanah ini dengan baik, bekerja Cepat dan inovatif. Mampu mengkoordinasikan perangkat Daerah guna pencapaian target-target pembangunan, mengoptimalkan SDM aparatur serta mengkoordinasikan pengelolaan keuangan daerah yang tepat sasaran.

Dalam pelaksanaan tugas, kinerja Sekda dan Kepala OPD lainnya akan terus dievaluasi. Saya tegaskan kembali, setiap tahun akan terus dilakukan evaluasi Kinerja. Bilamana target kinerja tidak tercapai, maka jabatan saudara dan kepala SKPK lainnya akan ditinjau kembali.

Perlu kita pahami bersama, tantangan kedepan semakin berat, dimana target pembangunan di semua bidang membutuhkan kerja keras seluruh komponen.

“Saya menginginkan Sekda dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Bireuen, agar lebih inovatif dan tidak terpaku pada pekerjaan yang monoton dan rutinitas semata. Akan tetapi mampu menterjemahkan setiap kebijakan itu dalam kerangka operasional kerja,” harapnya.

Bupati mengucapkan selamat dan sukses kepada Ir. Ibrahim yang telah dilantik dan diambil sumpah sebagai sekretaris Daerah Kabupaten Bireuen. Selanjutnya, ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi saya ucapkan kepada Bapak Ir. Zulkifli, Sp atas pengabdian dan dedikasi untuk Kabupaten Bireuen sejak tahun 2012- 15 Februari 2021. Kami tidak akan pernah melupakan jasa dan prestasi Bapak kepada kabupaten tercinta ini,” pungkasnya.

Sementara Sekda terpilih, Ir Ibrahim mengikrarkan pakta integritas di hadapan para hadirin, dan berjanji akan meningkatkan kapasitas dan moralitas pribadi, agar mampu memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan tepat kepada masyarakat. Kemudian, siap menjunjung tinggi asas transparansi dan akuntabilitas demi terwujudnya Bireuen yang bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Selanjutnya, membina hubungan yang baik dengan semua mitra kerja, mewujudkan Visi dan Misi pemerintah Kabupaten Bireuen dalam melakukan perubahan secara fundamental dalam semua sektor kehidupan masyarakat, melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan tidak membuat sesuatu hal yang dapat menurunkan citra pemerintah serta tidak adanya indikasi penyalahgunaan wewenang dan tanggung jawab, mampu melakukan komunikasi dan koordinasi, serta konsolidasi dengan semua pihak baik secara internal maupun eksternal.

“Apabila dalam jangka sekurang-kurangnya 6 bulan, saya tidak mampu melaksanakan pakta integritas ini, saya bersedia mengundurkan diri atau di berhentikan dan tidak menuntut segala sesuatu yang berkaitan dengan jabatan saya dimuka hukum,” sebutnya.

Pada malam hari, seluruh SKPK lingkup Bireuen menghadiri dan memberikan cerdramata kepada Zulkifli dalam acara malam kenangan dan pelepasan purna tugas Sekda lama yang telah berbakti di Bireuen selama 9 tahun. (akh)