Tak Kunjung Bayar Ganti Rugi Pemilik Tanah Lakukan Pemagaran

Jalan pendestarian taman Krueng Daroy, di Desa Geuceu Layer Jato, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh, dipagar pemilik, karena Pemko Banda Aceh tidak membayar ganti rugi. IST/RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Pemilik tanah melakukan pemagaran tanah atas bangunan pendestarian taman Krueng Daroy, di desa Geuceu Layer Jato, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh.

Herni Hidayati, selaku kuasa hukum pemilik tanah Aris Maulana Shiddiq mengatakan, pemagaran dilakukan karena Pemerintah Kota Banda Aceh belum juga membayar uang ganti rugi tanah seluas lebih kurang 149 meter persegi, termasuk penyerobotan tanah dan bangunan yang dirusak oleh pihak Pemko Banda Aceh.
Kepemilikan atas objek tanah kliennya itu telah memiliki SHM.

“Karena Pemko belum membayar ganti rugi, sementara bangunan diatas tanah SHM No.27.5 Tahun 1974 an Aris Maulana Shiddiq, kita pagar sementara sampai ada kepastian pembayaran ganti rugi,” kata Herni, Rabu (17/2).

Herni menyebutkan kasus penyerobotan tanah dan pengrusakan bangunan yang dilakukan Pemerintah Kota Banda Aceh telah di laporkan ke Polda Aceh dan saat ini sedang proses penyelidikan.

“Laporan kita atas pengrusakan dan penyerobotan pada awal Juli 2020, masih penyelidikan dan telah dilakukan klarifikasi terhadap saksi-saksi, terkait,” sebut Herni Hidayati.

Sebelumnya, Walikota Banda Aceh dilaporkan ke Polda Aceh atas dugaan tindak pidana pengrusakan bangunan dan penyerobotan tanah tanpa ganti rugi.

“Padahal klien kita punya bukti kepemilikan tanah seluas 1.503 meter persegi yang saat ini didirikan hotel Darut Donya yang dibelinya pada tahun 2017 dan memiliki akta otentik, yaitu sertifikat hak milik,” ungkap Herni kuasa hukum Aris Maulana Shiddiq. (bai)