Aceh Selatan Kian Patuh Protokol Kesehatan, Kasus Covid-19 Aceh Tetap

Harianrakyataceh.com – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Nasional kembali merilis tingkat kepatuhan protokol kesehatan di daerah, berdasarkan hasil monitoring, 8-14 Februari 2020. Aceh Selatan tampak kian patuh protokol kesehatan dibandingkan 23 kabupaten/kota lainnya di Aceh.

Sementara itu, data kasus Covid-19 tetap, tidak bertambah.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani menyampaikan hal tersebut dalam update hariannya kepada awak media di Banda Aceh, Rabu (17/02/2021).

“Kepatuhan dan konsistensi Aceh Selatan tampak pada tingkat kepatuhan memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, yang kian baik,” ujar pria yang akrab disapa SAG itu.

Ia menjelaskan, tingkat pemakaian masker di Aceh Selatan meningkat sekitar 17,8%, dari 80,74% minggu lalu menjadi 97,42%. Negeri Pala itu juga meraih posisi tertinggi dalam urusan kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan, yakni mencapai 97,56%. Posisi tertinggi sebelumnya diraih Aceh Tengah dengan tingkat kepatuhan 87,26%.

Sementara itu, pada minggu lalu Aceh Besar paling rendah persentase memakai masker dan menjaga jarak. Minggu ini digantikan Pidie Jaya dan Kota Lhokseumawe. Tingkat pemakaian masker di Kabupaten Pidie Jaya hanya 52,03%. Sedangkan tingkat kepatuhan jaga jarak dan menghindari kerumunan minggu ini ditempati Kota Lhokseumawe, yakni 62,01%.

Selanjutnya SAG menguraikan, data-data monitoring perubahan perilaku tersebut diperoleh secara real-time melalui aplikasi perubahan perilaku yang tersambung dengan sistem Bersatu Lawan Covid-19 (BLC): satu data Covid-19 Nasional.

“Tim monitoring perilaku mengirim data dari lokasi kerumunan seperti pasar, tempat wisata, jalan umum, tempat olahraga publik, permukiman, restoran/kedai, kantor, mall, stasiun, bandara, terminal, sekolah, dan lainnya,” urainya.

Kasus Kumulatif

Lebih lanjut, seperti biasa, Jubir Covid-19 yang juga Jubir Pemerintah Aceh itu melaporkan kasus kumulatif Covid-19 di Aceh, sejak kasus pertama muncul pada 27 Maret 2020. Ia mengatakan data kasus positif baru, kasus sembuh, dan kasus meninggal dunia masih tetap, sebagaimana dilaporkan kemarin.

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 secara akumulatif saat ini sudah mencapai 9.403 orang. Penderita Covid-19 yang masih dirawat di Aceh sebanyak 1.284 orang, yang sudah sembuh secara akumulatif sudah mencapai 7.739 orang, dan 380 orang dilaporkan meninggal dunia.

“Kasus sembuh tidak bertambah, demikian juga kasus meninggal dunia,” tutupnya. (ra)