Bupati Aceh Barat Terima Kunjungan Stafsus Presiden

Bupati Aceh Barat menerima kunjungan Stafsus Presiden Joko Widodo. For Rakyat Aceh.

Harianrakyataceh.com – Tim Baper (Bawa Perubahan) yang dikomandoi Staf Khusus Presiden RI Joko Widodo bidang inovasi dan milenial Gracia Billy Mambrasar kunjungi Pendopo Bupati Aceh Barat, Rabu (17/2/21).

Dalam pertemuan singkat itu, Ramli MS menyambut baik atas kedatangan staf khusus Presiden tersebut dan berharap dengan kunjungan ini masyarakat Aceh Barat khususnya para milenial bisa Belajar dan terdorong untuk menjadi generasi yang produktif dan kompetitif di era globalisasi ini ungkapnya.

Suasana pertemuan yang cair dan akrab ini membuat Ramli MS leluasa dan lugas menyampaikan aspirasi masyarakat yang selama ini banyak berkeluh kesah kepadanya.
Ramli MS yang telah memimpin Aceh Barat selama dua periode ini tahu betul kebutuhan masyarakat nya, sehingga ia memastikan kunjungan staf khusus presiden tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menyampaikan program program unggulan pemkab setempat yang belum tertampung dalam APBK Tahun Anggaran 2021

Menurutnya, selama ini pemerintah daerah telah menjalankan program pembangunan di berbagai sektor, yang berfokus pada sektor pertanian dan infrastruktur dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, untuk itu ia berharap kepada Staf khusus agar bisa memberikan pendampingan terhadap usulan kegiatan di kementerian terkait di Jakarta.

Di sektor pertanian salah satu program unggulan Kabupaten Aceh Barat telah berhasil mencapai swasembada pangan dengan surplus beras mencapai 80 ribu ton per tahun, namun hasil pertanian ini tidak mendapatkan pasar yang layak hingga masyarakat masih terisolir dalam kemiskinan.

Sedangkan di sektor infrastruktur, telah di bangun jalan lingkar atau ring road yang menghubungkan 9 dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Barat.

“kita harapkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat yang berada di pelosok desa bisa meningkat,” harapnya.

Terkait dengan tenaga honorer yang telah bertahun mengabdi kepada deerah supaya diperioritas kan untuk diangkat menjadi PNS, dan usulan tersebut telah lama disampaikan kepada kementerian, namun hingga saat ini belum mendapatkan keputusan dari kementerian terkait, menyikapi persoalan ini Ramli MS berharap adanya regulasi dari pemerintah pusat yang mengatur tentang pemberdayaan putra daerah khususnya bagi aparatur sipil negara (ASN).

“Bukan tidak boleh orang luar Aceh Barat bekerja di sini, namun alangkah lebih bijak nya apabila yang mengabdi di Pemkab Aceh Barat merupakan putra daerah nya sendiri sehingga persoalan pengangguran pun bisa teratasi,” imbunyanya.
Lebih lanjut Ramli juga menyampaikan ingin menjadikan kabupaten Aceh Barat ini menjadi kawasan industri.

Untuk itu, ia berharap adanya bantuan dan perhatian khusus dari pemerintah pusat untuk membangun sarana dan prasarana yang mendukung seperti jalan dan jembatan sebagai penunjang kawasan industri nantinya.

“Kawasan industri tidak bisa dicapai tanpa adanya dukungan infrastruktur yang memadai,” ujarnya.

Sementara itu, Stafsus Presiden Jokowi, Billy Mambrasar menyampaikan bahwa harus adanya kolaborasi yang baik antara pemerintah daerah dan pusat, agar segala proses pembangunan yang dilaksanakan di daerah dapat berjalan sinergi, baik dari segi anggaran maupun regulasi.

Lebih lanjut, Billy menyampaikan agar profil Kabupaten Aceh Barat harus di angkat ke permukaan terlebih dahulu. Menurutnya orang harus tahu dulu mengenai kondisi alam dan potensi yang dimiliki oleh daerah.

“Ini penting dilakukan agar prestasi yang telah di capai oleh daerah ini dapat dilihat oleh pemerintah daerah lain dan membuat para investor bersedia berinvestasi ke daerah ini,” imbuhnya. (den/ril/rus)