Tiang Listrik PLN Terbakar, Warga Satu Dusun Berhamburan

KUALASIMPANG (RA) – Kabel di atas tiang listrik PLN di kawasan Pasar Lintang, Dusun Damai, Kampung Dalam, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang tiba-tiba terbakar, Kamis (18/2) malam. Peristiwa munculnya api yang diduga dari aliran travo ini menyedot perhatian masyarakat sekitar.

 

“Yang terbakar tiang listrik biasa, bukan travo. Kejadian sekitar pukul 21.50 WIB, warga dusun ini berhamburan keluar ingin melihat,” kata Ibang warga setempat.

 

Saat api makin membesar, lanjut Ibang, warga berupaya memadamkan api dengan cara manual, namun tidak terjangkau air. Tak lama berselang dua petugas PLN Kualasimpang datang ke lokasi juga tak berhasil memedamkan api. “Sempat dilempar handuk supaya api padam, tapi handuknya malah sangkut di atas kabel,” ujar Ibang.

 

Menurut Ibang, sekitar satu jam kemudian baru datang bantuan dua unit mobil Pemadaman Kebakaran (Damkar) BPBD Aceh Tamiang. Sementara mobil penjinak api agak terhambat mencapai lokasi karena banyak warga yang berkerumun melihat serta kesempatan mengambil dokumen video dan foto.

 

“Api bisa dipadamkan dengan cara disemprot. Tidak ada korban dalam kejadian ini,” ucapnya.

 

Warga lainnya, Dewi menuturkan, begitu tau tiang listrik terbakar banyak warga mengambil air dari dalam rumah menyiram api dari bawah. Tapi api makin besar tidak bisa mati.

 

“Apinya malah netes-netes ke bawah, sampai ada kabel yang putus,” sebut Dewi. (mag-86)