Penyuluhan Metode Hemat Pupuk Bagi Petani

Mahasiswa KKM Umuslim Peusangan bekerjasama dengan LSM Flofa Aceh melakukan penyuluhan bidang pertanian kepada petani di Aula Serbaguna Keude Matangkuli, Rabu (17/2). FOR RAKYAT ACEH

Mahasiswa Umuslim dan LSM Flofa
BIREUEN (RA) – Mahasiswa Universitas Amuslim (Umuslim) Peusangan, Bireuen yang melaksanakan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Kecamatan Matanggkuli bekerjasama dengan LSM Flora dan Fauna (Flofa) Aceh melakukan penyuluhan bidang pertanian. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Serbaguna Keude Matangkuli, Rabu (17/2).

Koordinator mahasiswa KKM Kecamatan Matangkuli, Khairul Umam mengatakan, acara penyuluhan pertanian merupakan salah satu program KKM tingkat kecamatan. Program ini mengusung tema ‘Meningkatkan Potensi Usaha Pertanian Metode Hemat Pupuk’.

“Alhamdulillah kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama dengan LSM Flofa Aceh, dan diikuti 50 peserta berasal dari perwakilan 20 gampong di Kecamatam Matangkuli, ditambah perwakilan unsur mahasiswa,” ujarnya.

Acara dibuka koordinator Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKM Umuslim, Kecamatan Matangkuli, Zulkifli, M.Kom. Ia mengapresiasi program yang dilaksanakan mahasiswa bekerjasama dengan LSM Flofa Aceh. Ia berharap, semoga peserta dapat mengikuti dengan baik dan ilmu yang di peroleh dapat di aplikasikan dilapangan.

Sementara Pimpinan LSM Flofa, Darwis Kuta diwakili Tgk Zulfikar menyebutkan, visi organisasi untuk terwujudnya pertanian dan peternakan demi pemantapan ketahanan pangan. Selain itu juga penyuluhan, karena selama ini, pihaknya menilai untuk peningkatan hasil gabah petani, saat panen tiba tidak maksimal. Penyebabnya sistem cara pemeliharan pertumbuhan tanaman khususnya dalam hal pemberian pupuk yang hemat dan penggunaan petsitida yang tidak benar.

“Kami dari LSM Flofa Aceh memberikan penyuluhan dengan beberapa solusi alternatif kepada petani untuk meningkatkan hasil panen, dengan cara penggunaan pupuk yang lebih efisien,” terangnya.

Adapun pemateri dalam kegiatan tersebut yaitu Basri, SP dari LSM Flofa. Ia memaparkan beberapa teknik cara pemupukan yang benar, dan unsur yang diperlukan serta berbagai hal yang berkaitan dengan petsitida. (akh/icm)