Bupati Akmal Buka Muscab Perti Abdya

BLANGPIDIE (RA) – Bupati Abdya Akmal Ibrahim secara resmi membuka kegiatan musyawarah Cabang (Muscab) ke III Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) kabupaten setempat.

Kegiatan yang dipusatkan di pondok pesantren Bustanul Huda Desa Kede Siblah Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya, Sabtu (20/2) dihadiri Ketua Pimpinan Daerah (PD) Tarbiyah Perti Aceh,Tgk.H.Faisal Amin.

Pada kesempatan itu, dalam sambutan Bupati Akmal menyambut baik dengan tren menyatunya ummat Islam ini yang harus dipikirkan lebih rinci sampai ke level paling bawah. “Terutama di Abdya yang menjadi tanggung jawab kita semua,”katanya.

Menurutnya, sudah beratus tahun perpecahan ini terjadi yang persoalannya masalah hal-hal kecil sehingga menghambat untuk melakukan hal-hal yang besar. “Habis akibat perbedaan ini,”tambahnya.

Persoalan-persoalan yang selama ini membuat kita pecah, bertengkar dan ribut, sehingga tidak bisa untuk melakukan hal yang baik dan hal yang besar. “Oleh karena itu, contohlah yang terbaik apa yang telat diperlihatkan oleh perti dan tarbiyah, moga-moga kita diberi hidayah untuk mampu melakukannya,”ucap Akmal.

Sementara itu dalam laporan ketua panitia Nafis A Manaf menyebutkan, perlu menyusun kekuatan sesuai dengan jiwa dan semangat dan nilai dalam tarbiyah perti ini. Jika tidak, semakin kedepan semakin lupa akan semangat Perti yang pernah termashur di Indonesia apalagi di Aceh.

“Untuk itu, kami mohon agar semangatkanlah kembali wahai guru-guru kami, jika perlu masuk dalam sistim kekuasaan dengan tujuan untuk membangkitkan semangat tarbiyah perti ini agar kedepan semakin lebih baik terutama ditingkat provinsi Aceh,”katanya

Menurutnya, ulama harus terdepan dalam menggapai cita-cita keummatan, terutama pembangunan dan pendidikan Dayah sehingga anggaran dayah lebih maksimal dimasa yang akan datang.

“Barulah Dayah bisa maksimal dalam pengembangan dan mencetak kader-kader ulama yang akan membentengi prilaku, moral yang sudah menimpa anak-anak seusia sekolah akibat pengaruh medsos sekarang ini,”ujarnya. (mat).