PNL Perkuat Kerjasama dengan PAG

Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) kembali memperkuat kerjasama dengan PT Perta Arun Gas (PAG) terutama dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia mahasiswa PNL. FOR RAKYAT ACEH

LHOKSEUMAWE (RA) – Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) kembali memperkuat kerjasama dengan PT Perta Arun Gas (PAG), terutama dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia mahasiswa PNL. Hal itu dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan sinergitas, kolaborasi dan partnership.

Kerjasama yang telah berjalin sejak Oktober 2015 itu kembali dikuatkan dengan pertemuan Manajemen PNL yang disambut Manajemen PAG, yaitu HR Manager, Ridwan, Manager Corporate Communication & CSR, Iskandarsyah dan Tim di Ruang Pertemuan Lantai II Gedung Main Office PAG di Blang Lancang Lhokseumawe pada Jum’at kemarin.

Dalam pertemuan itu Manajemen PNL dan PAG membahas beberapa program strategis yang disepakati untuk dapat terealisasi dalam waktu dekat ini. Wakil Direktur III Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi PNL, Ir. Sariyusda, MT dalam sambutannya mengatakan, PAG adalah mitra strategis PNL dalam mencetak SDM Migas yang mempuni.
“Banyak Alumni Migas PNL yang telah mengisi posisi profesional dan posisi strategis di perusahaan Migas Nasional dan Internasional,” kata Sariyusda.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan harapan dari Manajemen PNL, supaya mahasiswa PNL bisa melaksanakan Program Magang dan On The Job Training di PAG.

“Kami harap selain Prodi Migas yang sudah bekerjasama dengan PAG, Prodi-Prodi yang lain juga bisa diterima Magang dan OJT. Prinsipnya kita ingin bersinergi. Nanti akan disampaikan ke pimpinan,” ujar Sariyusda yang juga dosen Jurusan Teknik Mesin ini.

Sementara itu Muhammad Hatta, SST. MT selaku Koordinator Humas dan Kerjasama PNL menambahkan, bahwa kurikulum yang diterapkan oleh Prodi Migas PNL kerjasama dengan PAG telah diadosi menjadi kurikulum Pendidikan Tinggi Vokasi Negeri (PTVN) yang dikenal dengan Dual System.

“Dalam pendidikan vokasi, saat ini kita mengenal istilah dual system, artinya mahasiswa dianjurkan untuk kuliah industri atau magang selama 2 semester di industri, dan ini sudah lama kita laksanakan baik dengan PT Arun dari tahun 2007 2015 maupun PAG dari tahun 2015 sampai saat ini,” ungkapnya, kemarin.

Sementara itu HR Manager PAG Ridwan mengatakan, terkait dengan program magang dan OJT, pihaknya sudah menyetujui.

“Sudah disetujui oleh manajemen PAG. Mudah-mudahan kerjasama bisa tingkatkan. Supaya ada kesepakatan antara PNL dgn PAG. Supaya kita bisa bergerak bersama,” kata Ridwan.

“Jika kami butuh tenaga magang, maka kami akan minta ke PNL. Kami berharap, tindak lanjutnya, kami akan kirim surat ke PNL. Tolong juga sosialisasi bahwa kami butuh tenaga yang kompeten,” lanjutnya. (ril/arm/icm)