Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

GAYO-ALAS · 24 Feb 2021 14:30 WIB ·

23 Kampung Dilatih Pembuatan Peta Administratif GPS


 Aparatur kampong dari 23 desa di Kecamatan Pintu Rime Gayo mengikuti pelatihan pembuatan peta partisipatif masyarakat menggunakan GPS yang diselenggarakan di kantor setempat, Selasa (23/2). MASHURI/RAKYAT ACEH Perbesar

Aparatur kampong dari 23 desa di Kecamatan Pintu Rime Gayo mengikuti pelatihan pembuatan peta partisipatif masyarakat menggunakan GPS yang diselenggarakan di kantor setempat, Selasa (23/2). MASHURI/RAKYAT ACEH

REDELONG (RA) – Sebanyak 23 kampung di wilayah Kecamatan Pintu Rime Gayo, mengikuti pelatihan pembuatan peta partisipatif masyarakat menggunakan GPS (Global Positioning System) yang diselenggarakan di kantor camat setempat, Selasa (23/2).

Kegiatan tersebut dibuka Asisten I Setdakab Bener Meriah Drs Mukhlis dan dihadiri Kabid Pengukuran Kanwil BPN Aceh serta Dinas Pertanahan Bener Meriah.

Dalam kesempatan itu, Camat Pintu Rime Gayo, Eddy Iwansyah Putra menyampaikan, program ini mutlak difasilitasi oleh Bupati Bener Meriah dan bersumber dari optimalisasi dana desa serta direncanakan lengkap terpetakan dengan output peta partisipatif masyarakat dan peta tematik.

Menurutnya, kegunaan program adalah untuk pembuatan akta jual beli tanah. Akselerasi percepatan sertifikat program PTSL. “Tidak hanya itu, program itu juga sebagai optimalisasi pemungutan PBB yang tersedia peta digital administrasi tanah desa, peta tematik dan sebagai optimalisasi pemungutan zakat harta,” ujaranya.

Mukhlis mengucapkan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan pelatihan GPS bagi aparatur kampung serta Kepala BPN Aceh yang diwakili Kepala Bidang Infrastruktur yang telah membantu pelaksanaan kegiatan tersebut.

Pelatihan penggunaan GPS ini merupakan upaya menjawab tantangan era globalisasi dan digital untuk para aparatur kampung sehingga para aparatur kampung nantinya bisa menggunakan teknologi pengukuran dengan GPS.

Menurutnya, dengan adanya pelatihan tentu sangat membantu pemerintah daerah dalam upaya memenuhi pelayanan pemerintah kepada masyarakat, karena dengan pelatihan ini akan meningkatkan kemampuan dan kapasitas aparat kampung sehingga berimplikasi pada peningkatan kinerja aparat kampung khususnya dalam wilayah Kecamatan Pintu Rime Gayo. (uri/bai)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

GM Hotel Parkside Berniat Ikut Pilkada Gayo Jalur Independen

28 March 2024 - 21:08 WIB

Bandara Alas Leuser Perintis Kembali Beroperasi

17 March 2024 - 15:52 WIB

Musrenbang RKPK 2025 Ditutup, Pj. Sekda Ingatkan Camat Kawal Usulan Prioritas

8 March 2024 - 21:58 WIB

Pemkab Aceh Tenggara Pastikan Harga Sembako Stabil

8 March 2024 - 16:55 WIB

Hujan Deras, Aceh Singkil Banjir

7 March 2024 - 23:29 WIB

Pasar Murah Pemkab Agara Disambut Antusias Masyarakat

7 March 2024 - 08:21 WIB

Trending di GAYO-ALAS