Puluhan Ribu Siswa Terlibat Bakar Apam

Siswa SMPN 2 Caleue, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, (Teuet Apam) membakar Apam. DHIAN ANNA ASMARA/RAKYAT ACEH

SIGLI (RA) – Puluhan ribu siswa di 568 unit sekolah dalam Kabupaten Pidie, Selasa (23/2) pagi kemarin terlibat dalam kegiatan Teuet Apam (bakar apam).

Wakil Bupati (Wabup) Pidie, Fadhlullah TM Daud ST mengatakan, pelaksanaan kegiatan “Teuet Apam” (bakar Apam) di seluruh sekolah di Pidie, bertujuan untuk mengembalikan budaya “nenek moyang”, sehingga generasi kedepan turun temurun mengingat tradisi nenek moyangnya terdahulu.

“Kita tidak boleh melupakan tradisi dari nenek moyang ini, karena hal ini dilakukan saat datang bulan Rajab, serta menyambut Ramadhan,” sebut Wabup Fadhullah didampingi Kadisbudparpora Pidie.

Wabup menyebutkan, jika hari ini puluhan ribu murid sekolah dari berbagai tingkatan sekolah melaksanakan acara “Teuet Apam” dipandu oleh guru masing. Selanjutnya, dinikmati bersama disekolah atau dibawa pulang kerumah.

“Ini sebuah kebanggaan kita, dimana puluhan ribu murid sekolah di Pidie secara serentak melakukan kegiatan Teuet Apam, bahkan siswa sekolah bangga bisa membakar kue Apam,” sebut Wabup Pidie.

Saat ke lokasi Teuet Apam di SMPN 2 Caleue, Wabup Fadhullah didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Provinsi Aceh Jamaluddin, Kadis PK Kabupaten Bireuen Muhammad Nasir, Kadis PK Banda Aceh Dr Saminan dan Kadis PK Aceh Besar Dr Salahuddin dan Kadis PK Pidie Drs Ridwandi Abbas.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin disela sela kegiatan Teuet Apam siswa SMPN 2 Caleue itu menyatakan kekagumannya dengan apa yang diprogramkan Kadis PK Pidie. “Saya benar-benar kagum dan terkejut anak-anak SMP bisa membakar kue Apam dengan sangat sempurna sekali. Ini memang khas Kabupaten Pidie,” sebutnya.

Kata Jamaluddin, kegiatan ini harus dipertahankan dengan kondisi apapun karena ini sebuah kebudayaan tradisional turun temurun di Pidie yang hampir punah dan patut dilestarikan lebih meriah lagi.

Kepala SMPN 2 Caleue, Rohani kepada awak media menyebutkan, semua kue Apam yang disajikan buat tamu dari Kabupaten Pidie, Bireuen, Aceh Besar, Kota Banda Aceh dan tamu Provinsi Aceh, hasil dibakar oleh anak didiknya tanpa campur tangan orang tua murid.

Kadis P dan K Pidie, Drs Ridwandi Abbas mengatakan, kegiatan tersebut dihari sama diikuti 568 sekolah di Pidie atau dari tingkatan TK Paud 226 unit sekolah, SDN 278 unit sekolah serta SMP dengan jumlah sekolah 64 unit. Katanya, jumlah siswa di 568 sekolah keseluruhan 59.000 lebih. (mag85/bai)