Tunggu Izin dari Kemenhub RI, Kembali Molor Jadwal Berlayar Kapal Feri KMP Aceh Hebat 1

Kapal Feri KMP Aceh Hebat 1, perdana sandar di dermaga pelabuhan Sinabang, Kabupaten Simeulue, Selasa, 2 Februari 2021 lalu. Ahmadi - Harian Rakyat Aceh

Harianrakyataceh.com – Kapal Feri KMP Aceh Hebat 1 yang awalnya direncanakan jadwal resmi beroperasi rute pulau Simeulue – Sumatera pada awal bulan Februari 2021, kini kembali molor hingga awal bulan Maret 2021.

Pasalnya, kembali molor jadwal beroperasi kapal feri KMP Aceh Hebat 1 itu, diketahui saat ini masih menunggu proses izin resmi beroperasi dari Kementerian Perhubungan RI.
Hal itu dijelaskan Mulyawan Rohas, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Simeulue, kepada Harian Rakyat Aceh, Rabu (24/2).

“Saat ini kapal feri KMP Aceh Hebat 1, masih menunggu proses ijin resmi beroperasi dari Kementerian Perhubungan RI. Dan diperkirakan pada awal bulan Maret 2021, ?resmi beroperasi kapal feri KMP Aceh Hebat 1 itu, melayani pulau Simeulue dan pulau Sumatera,” katanya.

Masih menurut Mulyawan Rohas, sebelumnya jadwal beroperasi kapal feri KMP Aceh Hebat 1 itu, telah direncanakan pada awal bulan Februari 2021, disebabkan pada saat itu masih dalam proses tender di Kemenhub RI dan kapal feri tersebut telah perdana sandar di pulau Simeulue, pada tanggal 2 Februari 2021.

Kapal Feri KMP Aceh Hebat 1 itu, melakukan uji berlayar dari Calang, Kabupaten Aceh Jaya yang diantar langsung oleh Gubernur Aceh Nova Iriansyah, dan perdana sandar di dermaga pelabuhan penyeberangan Sinabang, kemudian kapal feri tersebut, diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Simeulue, yang diterima oleh Bupati Erli Hasyim.

“Memang sebelumnya telah dijadwalkan kapal feri KMP Aceh Hebat 1 itu, resmi beroperasi pada bulan Februari 2021 ini, namun masih ada kendala disebabkan masih dalam proses tender di Kemenhub RI, setelah selesai proses tender dengan pihak ketiga, dilanjutkan tahapan proses ijin resmi beroperasi. InsyaAllah awal bulan Maret tahun 2021 telah beroperasi,” imbuhnya.

Kapal feri KMP Aceh Hebat 1 yang memiliki desain khusus untuk pelayaran samudera ini diproduksi oleh PT Multi Ocean Shipyard (MOS), Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau dan diketahui KMP Aceh Hebat 1 merupakan kapal terbesar dari tiga kapal feri yang dibeli Pemerintah Aceh. Kapal ini akan melayani rute antar pulau, yakni Pulau Simeulue dan pulau Sumatera.

Kapal feri KMP Kapal Aceh Hebat 1 panjang 70 meter dan lebar 15 meter, ?berbeda dengan dua kapal kapal feri lainnya, kapal feri dua tingkat ini juga didesain untuk pelayaran jarak jauh menyeberangi Samudera Hindia selama 12 jama, maka bagian dalam kapal diisi dengan tempat tidur, dengan kapasitas 250 penumpang, dan 33 unit mobil.

Persiapan penyambutan kedatangan kapal feri KMP Aceh Hebat 1 yang ditumpangi Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan rombongan, terlihat ruas jalan yang protokol yang akan dilaluinya, telah diatur dan dibersihkan oleh petugas, termasuk pemangkasan dan merapikan bunga disejumlah ruas jalan. (ahi/rus).