Dua Unit Rumah Warga Dilalap Sijago Merah

Dua unit rumah warga di Dusun Tanjong Beureteh, Gampong Tanjong Ara, Kecamatan Tanah Jamboe Aye, Aceh Utara, dilalap sijago merah, Selasa (23/2) sekira pukul 20.30 WIB. FOR RAKYAT ACEH

LHOKSUKON (RA) – Dua unit rumah warga di Dusun Tanjong Beureteh, Gampong Tanjong Ara, Kecamatan Tanah Jamboe Aye, Aceh Utara, dilalap sijago merah, pada Selasa (23/2) sekira pukul 20.30 WIB. Kedua rumah yang terbakar itu yakni milik Zainal Hanafi dan Nurhayati.

Kepala BPBD Aceh Utara, Amir Hamzah mengatakan, berdasarkan informasi dari keuchik Tanjong Ara, saat musibah kebakaran pemilik rumah itu sedang berada dilokasi. Keduanya, sedang berjualan di Simpang Empat Panton Labu.

“Diduga api bersumber dari dapur berkonstruksi kayu dan langsung menjalar ke seluruh isi bangunan rumah,” katanya.

Namun, masyarakat dan pemuda begitu mendapatkan informasi tentang kebakaran langsung berusaha untuk memadamkan kobaran sijago merah. Disebutkan, api terus berkobar pada malam itu sambil menunggu tibanya tiga unit mobil pemadam kebakaran, masyarakat terus membantu dengan air seadanya.

“Saat tibanya ketiga mobil pemadam kebakaran, petugas langsung berjibaku untuk memadamkan api agar tidak merambas kedaerah lain,” ungkapnya.

Akibat kebakaran itu, lanjutnya, dua kepala keluarga warga itu kehilangan tempat tinggal. Karena, seluruh bangunan dapur hangus dilalap api terbakar hanya tersisa beton dan kosen pintu dan jendala.

“Tadi malam pukul 23.00 WIB kami sudah kelokasi rumah terbakar. Untuk taksiran sementara kerugian ratusan juta rupiah, namun secara rinci masih didata oleh perangkat gampong bersama pihak keluarga korban,” ucapnya.

Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Muspika Tanah Jambo Aye, Personil Polres Aceh Utara,Geuchik dan masyarakat setempat atas kerja keras membantu memadamkan kobaran api. (arm/icm)