Ma Geurugui Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Panglima Sagoe Alue Kuta

BIREUEN (RA)- Eks Kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Sagoe Alue Kuta, Daerah lll wilayah Batee Iliek Bireuen, menggelar musyawarah pemilihan Panglima Sagoe yang baru.

Kegiatan yang dibuka oleh Bendahara Umum Dewan Pimpinan Wilayah Partai Aceh (DPW PA) Bireuen dan juga sebagai Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar, S.Sos alias “Ceulangiek”, berlangsung di Desa Paya Bieng, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, Sabtu (27/2) malam.

Hasil musyawarah tersebut, Tgk Azwani alias Ma Geurugui terpilih secara aklamasi sebagai Panglima Sagoe. Sementara posisi Wakil di isi Tgk Arman Pante Ranub.

Pemilihan panglima sagoe dilakukan untuk mengisi kekosongan yang dulunya di komandoi oleh Tgk Sufyan alias Tgk Aceh.

Tgk Aceh dalam sambutannya mengatakan, kekompakan yang terjalin selama ini tetap harus kita jaga, agar wadah perkumpulan para eks kombatan GAM tetap aktif dan tidak stagnan, makanya musyawaran dianggap perlu.

“Saya penya pekerjaan lain yang tidak dapat saya tinggalkan. Demi menjaga kesolidan sesama eks, kekosongan panglima sudah sepatutnya di isi oleh yang lain,” sebutnya.

Sementara Panglima Daerah (Pangda) wilayah III, Nek Tu mengajak seluruh eks kombatan Sagoe Alue Kuta untuk bersatu demi menciptakan kebersamaan.

“Dulu sebungkus nasi kita nikmati bersama. Kenapa dengan kondisi negeri yang sudah damai, kita tidak bisa bersama lagi. Saya harap kita tidak terpancing dengan asutan orang lain yang ingin memecah belah persatuan eks kombatan GAM,” ujar Nek Tu dengan nada berorasi.

Musyawarah ini di hadiri Pang Sagoe Tgk di Chukok Apa Yuh kaca moto, Pang Sagoe Pang Rayeuk Apa Noh, Pang Sagoe Mideun Sa’oh, Pang Sagoe Bate Timeh Bang Lah, Pang Sagoe Bate Sineuk Tgk Wan Buntok.

Selanjutnya, turut hadir Mukhtar alias Abon, Adam alias Nila, Samsol Meunasah Dua, Apa Sen, Sayet Cet, Moto Rola, Raja Motor, dan seluruh mantan TNA Sagoe Alue Kuta. (akh)