Pemko Langsa Kumpul 2 Ton Sampah

Wakil Walikota Langsa, Marzuki Hamid sedang menarik sampah di Gampong Lhok Banie, Minggu (28/2). BAHTIAR HUSIN/RAKYAT ACEH

LANGSA (RA) – Pemerintah Kota Langsa berhasil memanen (mengumpulkan) 2 ton sampah organik di Gampong Lhok Banie relokasi Pusong, Kecamatan Langsa Barat, Minggu (28/2).

Sampah sebanyak 2 ton tersebut marupakan hasil aksi pembersihan gampong yang dilakukan oleh Wakil Walikota Langsa H Marzuki Hamid, bersama perangkat Muspika Langsa Barat dan warga gampong setempat dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021.

Marzuki Hamid mengatakan, banyaknya sampah yang terkumpul dalam aksi panen ini, dikarenakan kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya masih kurang. Sehingga banyak sampah-sampah baik organik maupun non organik mencemari lingkungan serta menumpuk pada selokan, parit dan alur.

“Saya sengaja fokus pengutipan sampah di Gampong Lhok Banie, karena dari hasil pantauan banyak sampah plastik berserakan di kawasan pemukiman penduduk. Jadi dalam momentum HPSN ini kita bersama Muspika Langsa Barat dan masyarakat bergotong royong memungut sampah yang hasilnya sangat banyak,” sebut Marzuki.

Tambahnya, semua sampah yang berhasil terkumpul tersebut selanjutnya dibuang ke Tempat Penampungan Akhir (TPA) sampah Kota Langsa di Jambur Labu, Birem Bayeun, Aceh Timur untuk pengelolaan.

Pada kesempatan itu, Marzuki Hamid mengajak masyarakat Kota Langsa secara keseluruhan untuk peduli dengan kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. Masyarakat diminta untuk menjaga kesehatan lingkungan tinggal masing-masing dengan membakar atau menguburkan sampah.

“Jangan biarkan sampah, terutama yang tidak dapat terurai memenuhi parit dan selokan lingkungan kita, karena hal itu bukan hanya mencemari lingkungan, tapi juga menghambat kelancaran akses air pada pada musim hujan dan dapat menyebabkan banjir,” demikian Marzuki. (dai/bai)