HPSN Tingkat Provinsi Aceh Digelar di Takengon

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dalam kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Provinsi Aceh Tahun 2021, di Aceh Tengah, Senin (1/3. FOTO HUMAS PEMERINTAH ACEH

Quote : Gubernur Aceh, Nova Iriansyah
“Kita berharap melalui peringatan HPSN ini, masyarakat Aceh dapat meningkatkan kepeduliannya dalam menangani sampah dan tidak membuang sampah sembarangan,”

TAKENGON (RA) – Puncak Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2021 tingkat Provinsi Aceh di laksanakan di Kabupaten Aceh Tengah, (1/03).

Pembukaan HPSN 2021 berlangsung di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon oleh Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, MT dan dihadiri Forkopimda Provinsi Aceh, Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tengah, Bupati Aceh Timur, Bupati Bener Meriah, para Kepala SKPK Kabupaten/ Kota yang membidangi kebersihan dan lingkungan hidup di Provinsi Aceh, serta Bupati/ Walikota Se-Provinsi Aceh yang mengikuti acara secara virtual.

Pada gelaran tersebut Gubernur Aceh menyerahkan Sertifikat Proper Emas kepada PT Pertamina EP Asset 1 Field Rantau, sebagari korporasi yang dinilai berperan dalam pengelolaan lingkungan melalui instrumen insentif dan disinsentif.

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dalam sambutannya menilai bahwa masalah sampah bukanlah persoalan sepele. Dikatakannya, penanganan sampah harus menjadi perhatian semua pihak, agar memberikan manfaat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan.

“Kita berharap melalui peringatan HPSN ini, masyarakat Aceh dapat meningkatkan kepeduliannya dalam menangani sampah dan tidak membuang sampah sembarangan,” tutur Nova.

Menurut Nova, adalah sangat penting dalam menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan pengelolaan sampah secara komprehensif, dengan menjadikannya bahan baku ekonomi.

“Kita akui usaha pengolahan sampah membutuhkan modal yang tidak kecil. Namun dengan tekad bersama, pengelolaan sampah dapat dilakukan setiap individu sehingga tidak semua sampah terbuang percuma dan tidak semua sampah menjadi masalah,” tandasnya.

Sementara itu Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar mengungkapkan rasa bahagia dan bangga karena pelaksanaan Puncak Peringatan HPSN Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2021 dipusatkan di kabupaten yang berjuluk negeri diatas awan ini.

Dia meyakini, penunjukan Kabupaten Aceh Tengah sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan aksi bersih-bersih dan peringatan HPSN tahun ini adalah sebagai bentuk kepedulian dan dukungan Pemerintah Aceh untuk bersama-sama menangani masalah sampah, tidak hanya di Aceh Tengah, namun diseluruh Provinsi Aceh.

“Kiranya kegiatan aksi bersih-bersih dan kampanye peduli sampah ini tidak hanya kita laksanakan pada hari ini saja, namun akan menjadi rutinitas yang kita laksanakan sebagai upaya mengedukasi masyarakat untuk peduli dan membiasakan hidup bersih dan sehat,” ajak Shabela.

Sebelumnya, ketua pelaksana kegiatan, Abdul Hanan melaporkan bahwa Peringatan HPSN Tahun 2021 mengambil tema “Sampah Bahan Baku Ekonomi Dimasa Pandemi”. (jur/urd/min)

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dalam kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Provinsi Aceh Tahun 2021, di Aceh Tengah, Senin (1/3. FOTO HUMAS PEMERINTAH ACEH

Gubernur Aceh Serahkan Sertifikat Proper Emas pada PT Pertamina EP Asset 1 Field Rantau

KUALASIMPANG (RA) – Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, M.T. menyerahkan Sertifikat Proper Emas kepada PT Pertamina EP Asset 1 Field Rantau pada Acara Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2021 Senin 1 Maret 2021, tersebut di Gelanggang Olah Seni (GOS) dimana untuk tahun ini dilaksanakan di Takengon kabupaten Aceh Tengah.
Pada tahun ini, acara Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2021 bertema “Sampah Bahan Baku Ekonomi Di Masa Pandemi”. Setelah penyerahan sertifikat apresiasi dalam sambutannya Gubernur Aceh menyampaikan bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian bersama dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.
Pertumbuhan penduduk yg pesat tentu berdampak meningkatkan sampah terutama sampah dr rumah tangga. Dalam hal pengelolaan sampah telah diterbitkan perpres dan pergub dimana ditekankan perlunya menjalankan sistem pengelolaan sampah. Harapannya tahun 2025 seluruh kabupaten kota propinsi Aceh akan bebas dari sampah yg tidak terkelola.

Nova menyampaikan apresiasi terhadap semua pihak yg telah berkomitmen untuk mengelola sampah, bahkan sampah dapat menjadi bahan baku untuk suatu produk yg dapat bernilai ekonomis .Untuk itu, tahun ini acara hari peduli sampah nasional mengambil tema sampah bahan baku ekonomi dimasa pandemi.Pada kesempatan ini, pemerintah Aceh telah menyerahkan penghargaan pada individu dan perusahaan. Atas nama gubernur aceh mengucapkan selamat atas semua penghargaan yg telah diberikan , semoga dapat menjadi teladan bagi individu, corporasi atau perusahaan.

Dalam kesempatan ini, Totok Parafianto selaku Field Manager PT. Pertamina EP asset 1 Field Rantau menyampaikan sangat berterima kasih atas penghargaan yg telah diberikan kementerian lingkungan hidup dan kehutanan yg diserahkan oleh bapak Gubernur Aceh dalam pengelolaan lingkungan hidup dimana tahun ini PT. Pertamina EP Asset 1 dapat mempertahankan Proper emas. Arahan bapak Gubernur sesuai dengan komitmen perusahaan untuk menjaga dan mengelola lingkungan hidup termasuk sampah karena dengan pengelolaan lingkungan hidup yg baik maka akan banyak manfaat yg didapatkan manusia .

Dalam acara tersebut selain dihadiri oleh Gubernur Aceh, forkopimda propinsi Aceh dan Bupati Aceh Tengah,juga turut dihadiri oleh pemerintah kabupaten di Aceh seperti Bupati Bener Meriah, Aceh Timur serta unsur SPK pemkab Aceh Tengah, sementara kabupaten lainnya mengikuti acara melalui Daring.
Acara ditutup dengan penandatangan komitmen bersama dan Ramah Tamah .(urd)