Kapolda Aceh Pantau Langsung Penanganan Karhutla

Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada, M.Phil bersama Bupati Aceh Barat H. Ramli MS memantau langsung proses pemadaman Karhutla. lokasi pembangunan PLTU 3 dan 4, Selasa (2/3)

Meulaboh – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Aceh Irjen Pol Wahyu Widada, M.Phil yang di dampingi Bupati Aceh Barat H. Ramli MS memantau langsung pemadaman kebakaran hutan dan lahan diseputaran lokasi tampang PT. Mifa Bersaudara dan sekitar lokasi pembangunan PLTU 3 dan 4, Selasa (2/3)

 

Peninjauan Karhutla ini dipimpin langsung oleh Kapolda Aceh yang turut didampingi oleh Danrem 012/TU, Dandim 0105 Aceh Barat, Kapolres Aceh Barat, dan juga hadir Bupati Nagan raya, unsur Forkopimda, serta para pejabat terkait lainnya.

 

Dalam pantauan karhutla itu, Kapolda Aceh memastikan tim nya akan terus melakukan pemadaman lahan tersebut, tim akan di bantu oleh satuan BPBD setempat, menurut Kapolda Aceh ini api sudah mulai padam namun tetap harus dilakukan pendinginan agar memastikan api benar-benar padam.

 

Kapolda Aceh ini mengatakan akan menindak tegas para pelaku pelanggaran hukum pembakaran hutan dan lahan ini. Tidak ada kompromi, semua pihak yang terlibat pembakaran hutan akan kita tindak sesuai dengan hukum yang berlaku tegasnya.

 

Lebih lanjut, Wahyu widada menyampaikan bahwa titik api di area Karhutla ini sudah mulai padam, namun karena lahannya gambut maka harus dilakukan pendinginan terlebih dahulu supaya api bisa padam sepenuhnya ujarnya.

 

Wahyu widada meminta kepada Bupati Aceh Barat dan Nagan raya untuk segera melengkapi peralatan pemadam kebakaran yang masih kurang. Ini dilakukan untuk menginventarisir segala kendala dalam rangka penanganan Karhutla ini pintanya.

 

Lebih lanjut, Kapolda Aceh ini mengajak semua pihak baik masyarakat maupun koorporasi untuk menjaga alam khususnya pelestarian hutan dan lahan.

 

Sampai saat ini, pemadaman api di titik kebakaran terus dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak, antara lain dari TNI dan Polri, BPBD, Pemerintah daerah, serta para relawan.

 

Senada Bupati Aceh Barat juga telah memerintahkan kepada BPBD untuk segera memadamkan api yang membakar lahan gambut tesbut, ini harus cepat di tangani agar kebakaran hutan dan lahan tidak semakin meluas ujarnya.

 

Ramli MS menyampaikan bahwa akan melakukan terus koordinasikan dengan BPBD Aceh Barat, TNI/Polri, serta para relawan agar titik api di kawasan gambut ini bisa segera di padamkan ungkapnya.

Disamping itu Ramli MS juga meminta kepada pihak perusahaan disekitar lokasi kebakaran agar membantu menyediakan mesin pompa air guna memperlancar penyiraman lahan yang terbakar.(den/ril)