Pencemaran Batubara Melebar, Dewan Mulai Turun Tangan

Ketua DPRK Aceh Barat Samsi Barmi

MEULABOH (RA) – Diduga pencemaran paparan debu dan limbah batu bara kian santer. Ketua DPRK Aceh Barat, Samsi Barmi, menjadwalkan pekan depan melakukan observasi lapangan dengan melakukan pengecekan langsung terhadap petani, nelayan, dan warga mengaku korban paparan debu.

“Pekan depan kita (Dewan) akan turun ke lapangan langsung untuk melakukan pengecekan, biar jelas sumber masalahnya,” ucap Ketua DPRK Aceh Barat yang akrab di sapa Romi, Meulaboh Rabu (3/3).

Ia menuturkan, jadwal pertama akan melakukan kunjungan untuk melakukan pertemuan dengan petani di Desa Balee dan Desa Reudeup, karena informasi yang diperoleh, petani setempat sangat mengeluh dengan air yang mulai pencemaran limbah batu bara.

“Kita akan melakukan tanya jawab dengan petani langsung, biar jelas apakah benar ada masalah pencemaran air itu,” ungkapnya.

Selanjutnya, Romi akan kembali menjadwalkan untuk duduk bersama kaum nelayan yang mengeluh, tentang indikasi area laut di sekitar pantai juga mulai tercemar limbah batu bara.

“Ingin tanya langsung kebenaran dengan nelayan yang mengaku sebagai korban limbah pencemaran limbah batu bara di tepi lautan,” bilang Romi.

Pemetaan lainnya, sambung Romi, juga terhadap keluhan masyarakat yang berdomisili di Gampong Peunaga Cut Ujong Kecamatan Meureubo, dengan gangguan paparan debu batubara.

“Tetap akan menjumpai warga yang mengaku sebagai korban debunya,” urainya.
Hasil kunjungan lapangan, akan menjadi dasar pihak DPRK untuk memanggil seluruh pihak terlibat, mulai perusahaan PT Mifa Bersaudara dan warga.

“Kekurangan selama ini, masyarakat tidak ada yang berani mengaku atau membuat laporan langsung kepada dewan. Padahal 9 orang yang datang ke sini saja, uda cukup untuk membikin Laporan ke dewan,” jelas Romi.

Apapun masalah dan sejumlah argumen yang dijadikan alasan oleh sejumlah pihak, sebagai anggota legislatif, menginginkan ada sebuah solusi terbaik dan bijaksana terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat. (den/rus).