UMKM, Solusi Pemulihan Ekonomi Masyarakat

Penyerahan penghargaan kepada Pemko Langsa yang diterima langsung Wakil Wali Kota Langsa H Marzuki Hamid. RAY ISKANDAR/RAKYAT ACEH

LANGSA (RA)- Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak, supaya bisa menjadi penopang utama perekonomian daerah dan penunjang kemajuan sektor pariwisata. Terutama disaat kondisi pandemi covid-19 yang masih berlanjut hingga saat ini.

Demikian ungkap, Wakil Walikota, Marzuki Hamid, saat pelantikan Pengurus Komite Daerah Dewan UKM Kota Langsa masa bakti 2021-2025, Selasa (2/3) di aula Sekda Kota Langsa.
Menurutnya, saat pandemi ini akan didorong semua pihak terutama dinas terkait untuk semakin mengembangkan UMKM, terutama pengurusan izin, juga memberikan pelatihan peningkatan sumber daya manusia hingga bantuan modal dan promosi.

Disisi lain perlunya pendampingan untuk mengetahui potensi usaha yang dapat dikembangkan masyarakat agar tepat sasaran hingga mampu mendatangkan keuntungan dan menarik masyarakat luar daerah untuk berinvestasi.

Selanjutnya, Marzuki Hamid menilai sektor UMKM merupakan salah satu solusi untuk memulihkan perekonomian masyarakat di Kota Langsa.

Apalagi saat ini Kota Langsa sekarang sudah menjadi salah satu daerah wisata, tentu banyak pelaku usaha mikro, kecil dan menengah oleh karena itu asosiasi harus mampu melaksanakan tugasnya dengan membantu mendorong peningkatan potensi UMKM serta wirausaha baru.

Pemerintah Kota Langsa mengapresiasi atas pelantikan Pengurus Asosiasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dengan adanya Asosiasi ini merupakan langkah awal perkembangan perekonomian di Kota Langsa. Atas hadirnya organisasi usaha di Kota Langsa merupakan langkah menuju perkembangan ekonomi.

“Maka itu kami mengucapkan selamat atas pelantikan Pengurus Asosiasi UMKM Kota Langsa. Kami berharap pengurus UMKM Kota Langsa kiranya dapat bersinergi dan menjalin kerjasama yang baik dengan Pemerintah Kota Langsa melalui dinas terkait, pengusaha, perbankan,dan perusahaan yang ada di Kota Langsa. Semoga asosiasi UMKM mampu membuktikan kinerjanya serta merangkul UMKM yang ada di Kota Langsa,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan UKM Aceh, T Nurmiady Boy, memaparkan Dewan UKM sudah berdiri secara nasional sejak tahun 2012 dan untuk provinsi Aceh baru mulai terbentuk tahun 2014. Adapun tujuan dari Dewan UKM secara umum untuk membangun usaha kecil sesuai dengan kearifan lokal di daerah masing-masing.

Maka dengan ini kami meminta kepada pengurus yang baru dilantik agar bekerjasama dengan pemerintah setempat agar dapat melakukan pembinaan kepada pelaku UKM di Kota Langsa.

Dalam kesempatah tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada Pemerintah Kota Langsa yang diterima langsung Wakil Wali Kota Langsa H Marzuki Hamid dan sejumlah Kepala Dinas (Kadis) diantaranya Kadis Pertanian, Dinsos, Disporapar, Koperindag dan Dinas Perhubungan selaku mitra UKM. (ris/bai)