Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 5 Mar 2021 15:46 WIB ·

Nikmah Sarkawi Dorong Kreativitas Para Pengrajin


 Ketua Dekranasda Bener Meriah Nikmah Sarkawi, mengikuti syukuran memperingati HUT Dekranas 2021 yang ke-41 secara daring di kantor Dekranasda Bener Meriah, Rabu (3/3). MASHURI/RAKYAT ACEH Perbesar

Ketua Dekranasda Bener Meriah Nikmah Sarkawi, mengikuti syukuran memperingati HUT Dekranas 2021 yang ke-41 secara daring di kantor Dekranasda Bener Meriah, Rabu (3/3). MASHURI/RAKYAT ACEH

REDELONG (RA) – Ketua Dekranasda Kabupaten Bener Meriah, Nikmah Sarkawi, mendorong para pengrajin di Kabupaten Bener Meriah untuk meningkatkan kreativitas.
Hal tersebut disampaikan, dalam syukuran memperingati HUT Dekranas 2021 yang ke-41 secara daring dengan pengurus Dekranas Pusat di kantor Dekranasda Bener Meriah, Rabu (3/3).

“Kita semua harus bangga dengan keberadaan Dekranas, oleh sebab itu kita semua dituntut senantiasa untuk mendorong kreativitas dari para pengrajin dan berbicara tentang kerajinan, dimana produk kerajinan di Bener Meriah sangat potensial,” ungkpnya.
Namun, katanya, seringkali pembinaan dan pelatihan masih memiliki kekurangan, seperti dalam hal perancangan motif (kerawang) dan kemasan pada industri rumah tangga. “Kedepan ini harus kita pikirkan secara matang dan terencana,” tegasnya.

Ia juga berharap keberadaan seni kerajinan terutama dalam kerajinan kerawang Gayo semakin eksis. “Walaupun tidak bisa dipungkirinya tantangannya semakin berat, teknologi industri menjadi salah satu ancaman meski itu akan memberikan kemudahan,” ujarnya.

Menurutnya, karya pengrajin tidak dapat digantikan oleh sebuah mesin, sehingga para pengrajin tidak perlu khawatir akan hal itu. “Rasa dan proses sebuah kerajinan dari seorang pengrajin tidak dapat digantikan oleh sebuah mesin,” kata Nikmah. (uri/bai)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

GM Hotel Parkside Berniat Ikut Pilkada Gayo Jalur Independen

28 March 2024 - 21:08 WIB

BSI Regional Aceh Dorong Penguatan Transaksi Digital Masjid

28 March 2024 - 19:36 WIB

Dampak Cuaca Ekstrem, Petani di Aceh Tamiang Siram Tanaman 2-3 Kali Sehari

28 March 2024 - 06:23 WIB

Polres Bireuen Musnahkan 27,5 Kg Sabu dan 5000 Butir Ekstasi

25 March 2024 - 18:16 WIB

Kapolres Jatmiko Bangunkan Warga Bireuen untuk Sahur

24 March 2024 - 16:56 WIB

Bahron Bakti Diangkat Jadi Sekda Pidie Jaya

22 March 2024 - 15:02 WIB

Trending di DAERAH