Nikmah Sarkawi Dorong Kreativitas Para Pengrajin

Ketua Dekranasda Bener Meriah Nikmah Sarkawi, mengikuti syukuran memperingati HUT Dekranas 2021 yang ke-41 secara daring di kantor Dekranasda Bener Meriah, Rabu (3/3). MASHURI/RAKYAT ACEH

REDELONG (RA) – Ketua Dekranasda Kabupaten Bener Meriah, Nikmah Sarkawi, mendorong para pengrajin di Kabupaten Bener Meriah untuk meningkatkan kreativitas.
Hal tersebut disampaikan, dalam syukuran memperingati HUT Dekranas 2021 yang ke-41 secara daring dengan pengurus Dekranas Pusat di kantor Dekranasda Bener Meriah, Rabu (3/3).

“Kita semua harus bangga dengan keberadaan Dekranas, oleh sebab itu kita semua dituntut senantiasa untuk mendorong kreativitas dari para pengrajin dan berbicara tentang kerajinan, dimana produk kerajinan di Bener Meriah sangat potensial,” ungkpnya.
Namun, katanya, seringkali pembinaan dan pelatihan masih memiliki kekurangan, seperti dalam hal perancangan motif (kerawang) dan kemasan pada industri rumah tangga. “Kedepan ini harus kita pikirkan secara matang dan terencana,” tegasnya.

Ia juga berharap keberadaan seni kerajinan terutama dalam kerajinan kerawang Gayo semakin eksis. “Walaupun tidak bisa dipungkirinya tantangannya semakin berat, teknologi industri menjadi salah satu ancaman meski itu akan memberikan kemudahan,” ujarnya.

Menurutnya, karya pengrajin tidak dapat digantikan oleh sebuah mesin, sehingga para pengrajin tidak perlu khawatir akan hal itu. “Rasa dan proses sebuah kerajinan dari seorang pengrajin tidak dapat digantikan oleh sebuah mesin,” kata Nikmah. (uri/bai)