Puluhan Anak Banda Mulia Disunat Massal 

Kapus Banda Mulia, Hj Mulidar dan tim medis yang tergabung memberi pengarahan kepada anak dan orang tua dalam pelaksanan sunat massal program sunat gratis kepada 1000 anak di Aceh Tamiang, Kamis (4/3). IST/RAKYAT ACEH

KUALA SIMPANG (harianrakyataceh.com) – Program sunat massal di Kabupaten Aceh Tamiang terus berjalan. Kali ini giliran Puskesmas Banda Mulia menggelar kegiatan amal tersebut. Sebanyak puluhan anak se Kecamatan Banda Mulia dikhitan massal oleh tim medis gabungan yang dipusatkan di Puskesmas Banda Mulia, Kamis (4/3).

 

Pelaksanaan sunat Rasul ini diawali prosesi tepung tawar dihadiri Kepala Dinas Kesehatan, Ibnu Azis serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Banda Mulia dan para datok penghulu (kades).

 

Kepala Puskesmas Banda Mulia, Hj Mulidar, S.KM, M.KM melaporkan, kegiatan sunat massal dilakukan oleh tim Dinkes dan perwakilan seluruh petugas Puskesmas Aceh Tamiang serta tim medis Puskesmas Banda Mulai.

 

“Jumlah anak yang dikhitan massal sebanyak 51 orang dari 10 kampung yang ada di wilayah Banda Mulia,” kata Kapus Hj Mulidar usai membuka acara kegiatan sunat massal tersebut.

 

Kepala Dinkes Aceh Tamiang, Ibnu Azis menjelaskan, sunat gratis pada tahun ini merupakan program Bupati Aceh Tamiang, H Mursil sebagai bentuk kepedulian pemerintah kabupaten kepada masyarakat.

 

Terlebih di masa pandemi Covid-19 yang sangat berdampak terhadap  perekonomian masyarakat, sehingga Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, melalui Dinas Kesehatan merealisasikan program sunat gratis kepada 1000 anak.

 

“Program sunat massal ini sudah berjalan sekitar sepekan, dimulai dari Puskesmas Kejuruan Muda,” ujarnya.

 

Ibnu Azis menyebutkan, 1000 anak yang disunat gratis itu berada di 15 Puskesmas yang tersebar di 12 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang.

 

“Program sunat gratis ini dilaunching langsung oleh bupati, dan hari ini giliran dilaksanakan di Puskesmas Banda Mulia,” tukasnya. (mag-86)