Lulus Kuliah ke Al- Ahgaff University, Yaman, Santri Aceh Alumni Dayah Ummul Aiman Kesulitan Biaya Keberangkatan

Harianrakyataceh.comĀ  – Mukarramah Zilfi (20), santriwati alumnus Dayah Ummul Ayman Samalanga dinyatakan lulus test kuliah ke Al- Ahgaff University, Yaman.

Kelulusannya ini berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan oleh Kantor Al- Ahgaff University cabang Indonesia yang ditandatangani oleh Habib Hasan Husen Al Jufri, S.Pd, M.Pd tertanggal 2 Maret 2021.

Surat keterangan lulus

Perempuan yang akrab disapa Zilfi ini mengatakan rasa tertariknya untuk kuliah ke Al-Ahgaff University adalah karena Yaman dikenal dengan tanah seribu wali. Banyak kisah yang menceritakan kemuliaannya wanita-wanita disana yang sangat istiqamah menjaga agamanya.

Oleh sebab itu Zilfi mengikuti testing masuk via cabang Al-Ahgaff University cabang Indonesia. Hasil test keluar dan Zilfi dinyatakan lulus dengan memperoleh beasiswa setengahnya.

Perempuan kelahiran 24 agustus 2001 di Gampong Reudep Pante Raja Pidie Jaya dari pasangan Ayah Maizil Azwar dan Ibu Nuzul Fitri berada dalam keadaan keluarga yang kurang mampu sehingga kesulitan memenuhi seluruh kebutuhan biaya persiapan untuk berangkat ke Yaman.

Dan kondisi orangtua juga lagi tidak ada pekerjaan selama covid-19 ini menyapa masyarakat indonesia.

Namun demikian, Zilfi yang saat ini belajar di Dayah Darul Aman Teungkop Aceh Besar mengutarakan tekad kuatnya untuk dapat melanjutkan studi ke Al- Ahgaff University, Yaman.

Menurut Zilfi, alangkah baiknya wanita itu memperdalamkan pendidikan sedalam-dalam mungkin, karena wanita itu adalah guru pertama bagi anak-anaknya.

“Oleh karena itu saya mempunyai cita-cita untuk mencetak kader-kader masa depan dengan penuh ilmu pengetahuan dan ingin menjadi orang yang berguna bagi orang lain juga, ” tutur Zilfi.

“Dan pilihan saya ke Al-Ahgaff karna masih dalam katagori kota Yaman, yang dikenal dengan tanah seribu wali, dan kemuliaannya wanita-wanita ada disana, ” sambung Zilfi.

Zilfi menuturkan bahwa anggaran biaya yang ia butuhkan hanyalah biaya keberangkatan dan administrasi lainnya.

Sementara untuk biaya pendidikan di AL-Ahgaff University sudah ada beasiswa pendidikan.

Zilfi menguraikan jumlah biaya yang dibutuhkan, yaitu sebesar US $ 4.000,- (Empat ribu dolar Amerika) atau jika dikurskan yaitu mencapai Rp. 58.924.000,- (Lima puluh delapan juta sembilan ratus dua puluh empat ribu rupiah).

Semua kebutuhan ini terdiri dari biaya keberangkatan, visa, biaya terjemah berkas seperti Ijazah & Legalisir Kemenkeh, Kemennlu dan Dubes Yaman. Selanjutnya yaitu kebutuhan untuk pajak izin tinggal dan Medical untuk 1 tahun pertama. Biaya makan selama pendidikan, infaq untuk Universitas dan biaya tiket pulang ke Indonesia.

Zilfi sangat berterimakasih apabila ada para dermawan yang bersedia membantu meringankan kebutuhan biaya pendidikannya mengingat ekonomi orang tuanya pun selama masa Pandemi Covid-19 juga sangat kesulitan.

Bagi yang bersedia membantu meringankan kebutuhan Zilfi dapat mengirim ke BRI Syari’ah Nomor Rekening: 1055612672 dan mengirim pemberitahuan ke nomor HP/WA: 0853-3706-0935.

Dikutip dari sejumlah sumber, University Al-Ahgaff Yaman didirikan sebagai langkah nyata dari ide-ide cemerlang yang mengkristal dalam satu tujuan utama, yaitu membangun sarana pendidikan Islam yang bonafid dan berkualitas bagi masyarakat muslim dunia.

Dengan pola pendidikan yang mampu mencetak kader insan yang prospektif dan mumpuni dalam segala aspek kehidupan berasaskan ruh Islami. Serta menyebarluaskan faham keagamaan berhaluan Ahlussunnah wal Jama`ah. (ra)