Kantor Bupati Bireuen Dibakar Oknum PNS

Petugas Polres Bireuen melakukan olah TKP di Kantor Bappeda Bireuen yang diduga dibakar oleh salah satu oknum PNS, Senin (8/3). (akhyar/rakyat aceh)

BIREUEN (RA) – Salah satu ruangan di Kantor Bupati Kabupaten Bireuen hangus terbakar, yang diduga sengaja dibakar oleh salah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang pernah berdinas di kantor setempat.

Ruangan terbakar merupakan Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bireuen yang berada di lantai III, Senin (8/3) sekira pukul 06.00 Wib.

Pantauan awak media, pihak Polres Bireuen sudah mengamankan lokasi. Pada bagian barat kantor DPMG-PKB Bireuen terlihat dokumen sisa terbakar yang terjatuh dari lantai III, yang sudah dipasang police line.

Adapun tepatnya lokasi kebakaran berada di lantai tiga, dekat tangga di bagian sebelah barat kantor Bappeda Bireuen. Api membakar kertas dan dokumen yang menumpuk di salah satu sudut yang merupakan gudang arsip Bappeda.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun media menyebutkan, kebakaran terjadi pada pagi hari. Setelah informasi tersebut diketahui oleh petugas pemadam kebakaran, armada kebakaran pun meluncur ke lokasi untuk memadamkan api. Tak berselang lama, api pun berhasil di padamkan.

Kapolres Bireuen, AKBP Taufik Hidayat SH SIK MSi melalui Kaur Indentitikasi Polres Bireuen, Aipda Azrul Azwan kepada wartawan menyebutkan, pihaknya sudah melakukan olah TKP, mengamankan barang bukti.

“Kami sudah melakukan olah TKP, kemudian mengamankan rekaman CCTV, kayu bekas bakar dan kertas yang diambil pada objek kebakaran tersebut,” kata Aipda Azrul.

Berdasarkan hasil dari pengamatan CCTV, sebut AKP Fadilah, orang yang terlihat tersebut diidentifikasi sebagai pelaku adalah seorang oknum pegawai yang dulu pernah berdinas di Bappeda dan saat ini berdinas di Kantor Camat Jeunieb sebagai Kasi Hartib.

Kepolisian juga telah mengamankan seorang tersangka yang teryata oknum PNS di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bireuen. “Setelah pengecekan CCTV terlihat ada seorang pria membawa botol diduga bahan bakar (Bensin) dan menyiramkan ketumpukan kertas yang berada dilantai 3, kemudian menyalakan pemantik api untuk membakar tumpukan kertas tersebut,” Kasat Reskrim AKP Fadilah Aditya Pratama SIK.

Berdasarkan hasil dari pengamatan CCTV, sebut AKP Fadilah, orang yang terlihat tersebut diidentifikasi sebagai pelaku adalah seorang oknum pegawai yang dulu pernah berdinas di Bappeda dan saat ini berdinas di Kantor Camat Jeunieb sebagai Kasi Hartib.
“Pelaku saat ini masih sedang dalam pemeriksaan penyidik,” ujarnya singkat.

Diduga Menghilangkan Jejak Kejahatan
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bireuen, Teguh Mandiri Putra, S.STP saat dihubungi Rakyat Aceh, membenarkan pembakaran kantor Bappeda Bireuen.
Ia mengatakan, kobaran api yang sangat besar menghanguskan kertas dan dokumen yang menumpuk di salah satu sudut pada gudang arsip Bappeda.
Setelah mendapat kabar terjadi kebakaran, pihak BPBD mengerahkan 5 unit mobil damkar untuk memadamkan api tersebut.
Kebakaran diduga sengaja dibakar oleh oknum pegawai untuk menghilangkan jejak dalam melakukan aksi pencuriannya. Sebelum terjadi kebakaran, diperoleh informasi menyebutkan Kantor Bappeda Bireuen telah mengalami kemalingan, dan diduga kehilangan 6 unit laptop dan satu camera canon.
“Yang melakukan pembakaran tersebut merupakan oknum pegawai di salah satu kantor camat di Kabupaten Bireuen. Dugaan sementara, aksi tersebut dilakukan setelah melakukan pencurian oleh pegawai. Sekarang ASN beserta barang bukti sudah diamankan oleh pihak kepolisian,” ujar Teguh.
Dia juga menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Sementara besar kerugian belum dapat di perkirakan. (akh/min)

Petugas Polres Bireuen melakukan olah TKP di Kantor Bappeda Bireuen yang diduga dibakar oleh salah seorang oknum PNS, Senin (8/3). (akhyar/rakyat aceh)