Nova Sapa Penumpang KMP Aceh Hebat 1

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, didampingi Sekda Aceh, Bupati Aceh Jaya, Kadishub Aceh, melepas pelayaran perdana kapal Aceh Hebat 1, yang akan melayari Pelabuhan Calang Aceh Jaya ke Pelabuhan Kolok Sinabang, di Aceh Jaya, Selasa (9/3/12). FOTO HUMAS PEMERINTAH ACEH

Harianrakyataceh.com – Sebelum prosesi pelepasan KMP Aceh Hebat 1, Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dan rombongan terlebih dahulu menyapa para penumpang di Pelabuhan Calang, Aceh Jaya, Selasa (9/3/12)

Nova menanyakan kenyamanan penumpang naik KMP Aceh Aceh. Ayu, salah satu penumpang yang ditanyai Nova mengaku senang dan nyaman naik kapal baru milik rakyat Aceh itu. “Nyaman pak, alhamdulillah. Bisa tidur,” kata dAyu.

KMP Aceh Hebat 1, memang didesain untuk pelayaran jarak jauh. Di mana tersedia tempat tidur bagi penumpang. Dengan demikian masyarakat yang memanfaatkan pelayaran ke sana menjadi nyaman.

Nova berharap para penumpang bisa nyaman selama perjalanan. “Sama-sama berdoa semoga pelayaran ini berjalan lancar,” kata dia.

ASDP selalu operator kapal mematok Rp45 ribu hingga Rp76 ribu per penumpang. Sementara kendaraan bervariasi, mulai dari Rp42 ribu (sepeda motor), dan kendaraan golongan VIII (kendaraan bermotor berupa Mobil barang/truk tronton/tangki, kendaraan alat berat dan kereta penarik berikut gandengan dengan ukuran lebih dari 12 meter) dikenakan tarif Rp.6.449.000.

Sebelumnya Kapal Ferry KMP Aceh Hebat 1 telah melakukan uji sandar ke Pelabuhan Kolok Sinabang pada awal Februari lalu. Saat itu, Gubernur ikut langsung perjalanan selama 12 jam tersebut.

Kapal Aceh Hebat 1 ini merupakan satu dari tiga kapal Ferry Ro-Ro yang dipesan dari tiga galangan berbeda sejak Oktober 2019 lalu. Dan kapal ini merupakan yang terbesar, karena jarak tempuhnya juga cukup jauh.

Ada beberapa keistimewaan yang disebut dimiliki Kapal Ferry Aceh Hebat 1 ini. Selain ukurannya yang cukup besar— panjang 70 meter dan lebar 15 meter—fasilitasnya juga cukup lengkap sehingga mampu menghadirkan sarana transportasi laut yang nyaman bagi masyarakat. Kapal itu juga disebut mampu mengangkut 250 penumpang dan 33 unit kendaraan campuran.  (ra)