Pengelolaan Dana Jangan ada Ego Sektoral

Bupati Aceh Barat, H Ramli MS

Harianrakyataceh.com – Bupati Aceh Barat H Ramli MS membuka rapat kerja bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Provinsi Aceh dan Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Negara Provinsi Aceh terkait dengan Percepatan Penyaluran Dana Desa Tahap I Tahun Anggaran 2021 yang di gelar di Aula Teuku Umar Bappeda Kabupaten Aceh Barat, Senin (8/3).

Rapat kerja ini turut dihadiri oleh Sekda Aceh Barat, Plt Kepala DPMG Aceh Barat, Kepala BPKD Aceh Barat, Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Regional Meulaboh, para Camat, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Aceh Barat serta para tamu undangan lainnya.

Bupati Aceh Barat, Ramli MS, menyampaikan bahwa harus ada komitmen dari semua pihak agar penyaluran dana desa tahap I ini bisa dilaksanakan dengan cepat.
Menurutnya, semakin cepat dana desa ini terserap, maka masyarakat khususnya di desa bisa segera menikmatinya.

Lebih lanjut, Ramli menyampaikan bahwa setiap kendala yang terjadi saat proses penyaluran dana ini harus di cari solusi untuk penyelesaiannya.

“Jangan ada ego sektoral yang membuat penyaluran dana desa menjadi terhambat yang nantinya akan berdampak pada ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Ramli menegaskan tentang pentingnya peran pendamping desa dalam penyelenggaraan pemerintahan tingkat desa yang meliputi pembangunan desa dan pengembangan BUMG. Apabila pendamping desa tidak pro aktif maka semua pembangunan serta pengembangan desa yang di rencanakan akan terhambat.

Pendamping desa harus terjun langsung ke lapangan untuk melihat kondisi masyarakat secara langsung serta melakukan koordinasi dengan geuchik dan camat agar pembangunan di desa bisa dilaksanakan dengan terarah dan cepat.

“Jika pendamping desa tidak melaksanakan tugasnya sesuai dengan tupoksi nya sebaiknya mereka di tarik kembali saja ke provinsi,” tegas Ramli.

Sementara itu, Kepala DPMG Provinsi Aceh Azhari, menyampaikan bahwa harus adanya koordinasi serta kolaborasi yang baik antara berbagai pihak terkait dalam rangka melakukan percepatan penyaluran dana desa tahap I ini.

Adapun 3 prioritas dana desa untuk tahun anggaran 2021 antara lain Pemulihan Ekonomi Nasional Berskala Gampong, Program Prioritas Nasional Berskala Gampong, serta Adaptasi Kebiasaan Baru Desa.

Kepala Kanwil Djp Provinsi Aceh Syafriadi, menjelaskan bahwa untuk dana desa tahun anggaran 2021 ini juga akan dialokasikan untuk penanganan dampak dari pandemi Covid 19. Perencanaan program pembangunan desa akan difokuskan pada pemulihan ekonomi nasional sesuai dengan arahan yang telah di amanatkan oleh Presiden.

“Semoga dana desa ini bisa di pergunakan dengan sebaik baik mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di desa,” harapnya. (den/rus)