Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 9 Mar 2021 19:47 WIB ·

Penumpang Antusias Sambut Keberangkatan KMP Aceh Hebat 1


 Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, didampingi Sekda Aceh, Bupati Aceh Jaya, Kadishub Aceh, memberi bingkisan kepada penumpang perdana Kapal Aceh Hebat 1, di sela melepas pelayaran perdana kapal yang akan melayari Pelabuhan Calang Aceh Jaya ke Pelabuhan Kolok Sinabang, di Aceh Jaya, Selasa (9/3/12). FOTO HUMAS PEMERINTAH ACEH Perbesar

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, didampingi Sekda Aceh, Bupati Aceh Jaya, Kadishub Aceh, memberi bingkisan kepada penumpang perdana Kapal Aceh Hebat 1, di sela melepas pelayaran perdana kapal yang akan melayari Pelabuhan Calang Aceh Jaya ke Pelabuhan Kolok Sinabang, di Aceh Jaya, Selasa (9/3/12). FOTO HUMAS PEMERINTAH ACEH

Harianrakyataceh.com – Pemberangkatan perdana KMP Aceh Hebat 1 ke Pelabuhan Solok, Pulau Simeulue mendapatkan antusiasme yang tinggi dari penumpang. Kapten kapal mengatakan, lebih dari 60 persen manifest kapal yang berangkat dari Pelabuhan Calang itu terisi.

“Alhamdulillah antusiasme penumpang tinggi. Lebih dari 60 persen terisi,” kata Muhammad Noer, kapten KMP Aceh Hebat 1, Selasa (9/3).

Keberangkatan KMP Aceh Hebat 1 dilepas langsung oleh Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Hadir juga Sekda Aceh, Taqwallah, Bupati Aceh Jaya bersama SKPK, T. Irfan TB, Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Harry Muhammad Adhi Caksono, Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Junaidi, Kepala BPKA, Bustami, Inspektur Aceh, Zulkifli dan Kepala Biro Humas Setda Aceh, Muhammad Iswanto.

Senada dengan kapten kapal, Nova mengatakan antusiasme masyarakat untuk menggunakan transportasi milik masyarakat Aceh itu terbilang tinggi. Di mana, saat pandemi saja, lebih dari 60 persen kapasitas kapal terisi. Bahkan kendaraan yang terisi di dek bawah hampir penuh.

“Dengan publikasi dan sosialisasi kawan-kawan (wartawan), orang sudah mengenal rute penyeberangan ini. Saat covid berlalu, mudah-mudahan bisa 100 persen,” kata Nova.

Nova berpesan, ASDP sebagai operator yang mengoperasikan kapal tersebut bisa merawat kapal tersebut dengan baik. Kepada penumpang, Nova berpesan untuk selalu disiplin, khususnya tidak membuang sampah sembarangan di kapal.

Pada penyeberangan Ulelheu – Sabang, Nova masih mendapati ketidakdisiplinan penumpang. Hal itu dikhawatirkan bisa membuat saluran-saluran yang didesain di kapal menjadi macet.

“Kapal ini milik kita. Kita harus disiplin terutama dalam hal membuang sampah. Jika tidak sulit operator merawatnya,” kata Nova.

Nova berharap dalam waktu dekat operator kapal bisa menyediakan protap bagi penumpang. Dengan demikian, penumpang bisa menerapkannya dalam pelayaran ke Pulau Simeulue tersebut.

Sementara itu, Dewi, salah satu penumpang kapal mengaku, keberadaan KMP Aceh Hebat yang melayari Calang dan Simeulue pada tiap hari pulang pergi, sangatlah membantu. Dengan demikian, armada laut yang melayani penumpang semakin banyak. (ra)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Antisipasi Praktik Curang Penjualan BBM, Polisi Cek Sejumlah SPBU di Gayo Lues

28 March 2024 - 22:25 WIB

Dirlantas Polda Aceh bersama IMBI Bagikan Takjil dan Beras kepada Pengendara

28 March 2024 - 21:06 WIB

Modus Penipuan Catut Namanya Kembali Terjadi, Ini Klarifikasi dan Himbauan Haji Uma

28 March 2024 - 21:00 WIB

Ditlantas Polda Aceh dan IMBI Aceh Bagikan Sembako dan Takjil

28 March 2024 - 19:06 WIB

Kapolda Aceh Perintahkan Jajarannya untuk Tindak SPBU Nakal

28 March 2024 - 17:27 WIB

Kemenhub RI Diingatkan Soal UUPA Dibalik Rencana Pengurangan Bandara Internasional

28 March 2024 - 00:00 WIB

Trending di UTAMA