Satgas Karhutla Nagan Raya Tetap Padamkan Api Meski Hujan

Tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Nagan Raya tetap melakukan pemadaman api Karhutla. For Rakyat Aceh.

SUKA MAKMUE (RA) – Tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Nagan Raya tetap melakukan pemadaman api Karhutla di Gampong Puloe Ie, Kecamatan Kuala, Kabupaten setempat meski kondisi hujan.

Informasi dihimpun Rakyat Aceh, Senin (8/3), Satgas Karhutla yang terdiri dari Personel Polres, BPBD, Kodim 0116 Nagan Raya bersama masyarakat sekitar terus melakukan upaya pemadaman tersebut.

Petugas sedang melakukan pendinginan sebagai upaya mencegah api menyala kembali.
“Hari ini tim Satgas Karhutla masih melanjutkan upaya pemadaman di lokasi di Karhutla. Kami masih melakukan proses pendinginan,” kata Dandim 0116 Nagan Raya Letkol Inf Guruh Tjahyono, Minggu (7/3).

Dandim menyebutkan luas kebakaran selama sepekan di Nagan Raya ini mencapai kurang lebih 13 hektar tersebar di 4 lokasi.

“Proses pendinginan kami lakukan agar bara api di lahan gambut tidak membara lagi. Di lokasi api di permukaan sudah bisa dipadamkan,” kata Guruh.

Walau pun api di permukaan sudah padam, sambung Guruh, asap masih keluar dari dalam perut bumi. Bara api di bawah permukaan inilah yang lagi dalam proses pendinginan dengan tetap menyemprotkan air.

“Bersama tim satgas, kami berupaya melakukan pendinginan saat ini. Kami tetap berdoa semoga saja ada turun hujan di lokasi agar clear semuanya,” kata Guruh.

Untuk di Kecamatan Kuala dan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, yang sudah sepekan terbakar, kondisinya kini juga proses pendinginan. Tim Satgas tetap berusaha melakukan pemadaman sisa bara api di bawah permukaan gambut.

“Di Kecamatan Kuala, tim Satgas lagi proses pendinginan,” tutup Guruh.(ibr/rus).