Geuchik Sungai Pauh Pusaka Genjot Pembangunan Kembali Rumah Warga Terbakar

Warga secara swadaya membantu pembangunan kembali sembilan unit rumah yang terbakar di Sungai Pauh Pusaka, Minggu (14/3). (Foto: Rakyat Aceh/Putra Zulfirman)

HARIANRAKYATACEH.COM – Geuchik Sungai Pauh Pusaka Kecamatan Langsa Barat, Musliadi terus memacu pembangunan kembali sembilan unit rumah warga yang sempat terbakar pada Jum’at (26/2) lalu.

“Kita targetkan rampung dibangun sebelum lebaran Idul Fitri nanti,” sebut Musliadi disela pembangunan rumah, Minggu (14/3).

Saat ini, kata dia, pihaknya terus menerima sejumlah donasi dari para donatur untuk membangun kembali sembilan unit rumah yang hangus terbakar dilalap sijago merah pada Jum’at subuh, dua pekan lalu itu.

Disebutkan, secara swadaya masyarakat membantu pembangunan rumah di atas lapak awal rumah warga sebelum terbakar.

Sembilan unit rumah yang sedang dibangun berkonstruksi kayu itu, merupakan hasil sumbangan sejumlah pihak yang terus berdatangan ke lokasi musibah.

Diakui Musliadi, sembilan unit rumah yang terbakar dihuni 12 kepala keluarga dengan total 48 jiwa, hingga kini masih berada di bawah tenda sementara. “Warga masih ditenda darurat. Makanya kita pacu pengerjaan rumah agar bisa rampung secepatnya,” kata Musliadi.

Diurai, sejak peristiwa nahas terjadi, sejumlah bantuan telah diterima pihaknya. Baik berupa sembako, selimut bahkan bahan bangunan untuk membangun kembali rumah yang terbakar itu.

Saat ini, Musliadi mengaku masih kekurangan kayu maupun seng guna mempercepat pembangunan rumah. Ia berharap dalam waktu dekat, kebutuhan tersebut bisa dipenuhi. “Kami masih kekuragan bahan bangunan berupa kayu dan seng. Kiranya ada dermawan yang berkenan membantu,” harap Geuchik berlalenta seni itu.

Kepada sejumlah donatur yang telah membantu, Musliadi mengucapkan ribuan terima kash yang tiada terhingga dan semoga menjadi amal ibadah bagi para penderma. “Terima kasih Pemko Langsa atas respon cepatnya saat musibah. Begitu pula para donatur kami ucapkan terima kasih,” ucap Musliadi. (put)