Syech Fadhil Siap Tanggung Biaya Masuk Dayah Putra Putri Pulo Aceh

HARIANRAKYATACEH.COM – Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc, mengaku siap menanggung biaya masuk bagi siapapun putra putri asal Pulo Aceh yang ingin belajar di dayah. Hal ini disampaikan pria yang akrab disapa Syech Fadhil ini kepada wartawan, Senin 15 Maret 2021.

“Ya, saya siap menanggung biaya masuk bagi putra putri Pulo Aceh yang ingin belajar di dayah. Ini komitmen yang pernah saya sampaikan saat berkunjung ke sana beberapa waktu lalu, dan sekarang sedang tahap inventarisasi,” kata Syech Fadhil.

Kemudian, kata mantan ketua Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh ini, dari sejumlah siswa yang ditanggung biaya masuk tadi, dirinya dan tim juga akan menjaring dua siswa yang berprestasi secara akademik serta memiliki masalah dalam hal pembiayaan.

“Untuk dua orang yang nantinya masuk kategori ini, kita berikan beasiswa sampai selesai dayah. Jumlahnya nanti kita lihat kebutuhan. Karena memang dari kantong pribadi. Menjadi anak asuh saya lah istilahnya,” kata senator muda ini lagi.

“Bisa jadi setiap tahun sebanyak dua orang (anak asuh-red), kita lihat perkembangan. Tidak menutup kemungkinan kita fasilitasi kuliah ke Timur Tengah, jika memenuhi syarat dan punya kemampuan, ” ujar sahabat ustadz Somad atau UAS yang telah memiliki belasan anak asuh dari seluruh Aceh ini lagi.

Hal ini, kata Syech Fadhil, dilakukannya sebagai bentuk perhatian kepada Pulo Aceh.

“Harapan saya tidak muluk-muluk, nanti usai pendidikan, mereka kembali pulang ke Pulo Aceh untuk membangun pendidikan di sana. Karena idealnya mereka lah yang membangun daerah mereka sendiri,” ujar wakil ketua Komite III DPD RI ini lagi. (Ra)