BPJamsostek Banda Aceh Terima Penghargaan dari Walikota

BPJAMSOSTEK peroleh piagam penghargaan dari Walikota Banda Aceh sebagai Instansi Pembina UMKM Terbaik Tahun 2020, di Banda Aceh, Selasa (16/3). For Rakyat Aceh.

HARIANRAKYATACEH.COM – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) peroleh piagam penghargaan dari Walikota Banda Aceh sebagai Instansi Pembina UMKM Terbaik Tahun 2020. Piagam Penghargaan itu diberikan pada kegiatan Pelatihan Kewirausahaan & Pemasaran FGD Strategi Pemasaran Produk UMKM, di Banda Aceh, Selasa (16/3).

Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Banda Aceh, Awalul Rizal menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kota Banda Aceh atas penghargaan yang telah diberikan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami sangat bersyukur atas penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh. BPJAMSOSTEK berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada UMKM baik dalam bentuk perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ataupun dalam bentuk lainnya,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut Awal selaku salah satu panelis menyampaikan manfaat-manfaat yang didapatkan tenaga kerja saat menjadi peserta BPJAMSOSTEK.

“Dari data yang kami miliki hampir 50 persen dari peserta BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Banda Aceh tergolong pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Usaha-usaha tersebut tentu tidak lepas dari risiko-risiko dalam ruang lingkun pekerjaan. Kami melakukan sosialisasi dan mengajak agar seluruh UMKM terdaftar dalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dari BPJAMSOSTEK,” ungkapnya.

Dikatakan, dengan adanya Jaminan Sosial Ketenagakerjaan tentu para tenaga kerja akan dapat bekerja dengan lebih nyaman dan tenang, hal ini akan berdampak pada produktivitas kerja.

Selain memberikan perlindungan, BPJAMSOSTEK juga mengendorse UMKM terbaik melalui program PARITRANA AWARDS dan program Co-Marketing

“Tahun 2020 lalu salah satu UMKM Banda Aceh yang kami ajukan di ajang PARITRANA AWARDS yaitu Apotek Sakti berhasil menyabet penghargaan dan memenangkan hadiah uang tunai sebesar 30 juta Rupiah,” jelas  Awal.

Untuk program Co-Marketing sendiri BPJAMSOSTEK Cabang Banda Aceh sudah mengaet beberapa UMKM dan usaha dari sektor perhotelan. Melalui program Co-Marketing BPJAMSOSTEK akan membantu usaha-usaha tersebut memasarkan produk nya, di sisi lain peserta BPJAMSOSTEK akan memperoleh harga dan penawaran khusus dari usaha-usaha yang sudah masuk dalam program Co-Marketing.

“Dengan adanya program Co-Marketing ini, peserta BPJAMSOSTEK selain terlindungi program jaminan sosial juga mendapatkan manfaat tambahan yang dapat dirasakan langsung,” ujar Awal

Pihaknya, mengimbau agar seluruh UMKM mendaftarkan usahanya kedalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dari BPJAMSOSTEK. Karena selain menjaga tenaga kerjanya dari risiko sosial ekonomi, para tenaga kerja juga akan dapat merasakan langsung manfaat sebagai peserta melalui program Co-Marketing dari BPJAMSOSTEK.

Sementara, Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, menyampaikan ucapan kepada BPJamsostek cabang Banda Aceh yang telah mengajak pelaku UMKM mendaftarkan usahanya kedalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dari BPJAMSOSTEK.

“Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada BPJamsostek Banda Aceh,” tutupnya. (ra/rus)