Tanaman Hias Jadi Ekonomi Kreatif Dimasa Pandemi

Tanaman hias Alognema Rotundum Aceh. (Foto: Rakyat Aceh/Ist).

HARIANRAKYATACEH.COM – Seorang pemuda di Kota Langsa, menjadikan tanaman hias jenis Aglonema Rotundum Aceh (Keladi hutan), sebagai sumber ekonomi kreatif dimasa pandemi Covid-19.

Irwan Musa (37), warga Gampong Teungoh Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa telah menekuni bisnis penjualan bunga secara online, sejak pandemi Corona pada setahun lalu.

“Alhamdulillah, hasil penjualan mencukupi kebutuhan ekonomi rumah tangga, ditengah lesunya perekonomian akibat pandemi ini,” ujar Irwan di Langsa, Senin petang (15/3).

Adapun jenis tanaman hias yang paling digemari konsumen berupa Aglonema Rotundum Aceh. Harga jualnya bervariasi sesuai ukuran bunga. Untuk benihnya dijual Rp 2 ribu rupiah perbatang diluar ongkos kirim.

Sedangkan, bunga dewasa dikisaran harga Rp 20 ribu hingga Rp 35 ribu rupiah/batang dan belum termasuk ongkos kirim. Rata-rata pemasanan bunga ini dari luar Aceh, seperti pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulewesi, bahkan ke manca negara.

“Lumayan banyak ordernya. Sehari bisa meraup penghasilan Rp 500 ribu rupiah. Untuk sebulannya pendapatan bersih capai Rp 5 juta,” aku Irwan yang merupakan mantan Sekretaris Umum HMI Cabang Langsa ini.

Diakui, harga penjualan tanaman hias miliknya masih dibawah harga pasaran yang dipasarkan di sejumlah olshop tanaman hias. Hal ini, membuat banyak konsumen memesan tanaman hias jenis keladi hutan ini pada dirinya.

Dituturkan, Aglonema Rotundum Aceh adalah tanaman keladi yang tumbuh di hutan dan memiliki daya tahan tumbuh lebih lama. Bunga ini hanya tumbuh di Aceh dan tidak ada di daerah lain.

Tidak sedikit, kata dia, konsumen setelah memesan tanaman hias dari dirinya, lalu melalukan pencangkokan dengan jenis keladi lain sehingga menghasilkan sejumlah varian tanaman hias Aglonema.

“Rata-rata pemesanan dalam kapasitas besar itu untuk dibudidayakan lagi di tempat konsumen. Jadi, mereka itu lakukan pencangkokan,” beber Irwan Musa.

Irwan mengetahui jenis tanaman hias ini memiliki nilai ekonomis setelah salah seorang temannya dari Yogjakarta, menghubungi dirinya dan menanyakan keberadaan bunga dimaksud.

Lantas, Irwan mencari tanaman tersebut di daerah pedalaman Aceh Timur dan menemukannya, sehingga mulailah dia menjadi distributor Aglonema Rotundum Aceh secara online.

Dikatakannya, selain jenis Aglonema, terdapat beberapa jenis tanaman hias lain yang menjadi minat para pecinta bunga, seperti Scindapsus, Alocasia Reginae, Homalomena, Alocasia Zebrina dan Alocasia Watsoniana.

“Hari ini ada pengiriman ke Vietnam untuk jenis bunga Alocasia Watsoniana. Kita kirim lewat jasa pengiriman JNT dan PT Pos Indonesia,” terang Irwan Musa. (put)