Besok Sore, Persiraja dan Tim PON Aceh Gelar Latihan Bersama di SHB

Pertemuan tim PON Aceh dan Persiraja bersama KONI Aceh membahas latihan bersama kedua tim. FOR RAKYAT ACEH

Harianrakyataceh.com – Persiraja dan Tim PON Aceh rencananya akan menggelar latihan bersama di Stadion Harapan Bangsa (SHB), Lhong Raya Banda Aceh, Kamis (18/3) sore.

Rencana uji coba ini sebagai evaluasi bagi kedua tim Aceh yang satunya profesional (Liga 1) dan satu lagi tim amatir yang dipersiapkan menuju PON XX Papua Oktober 2021 mendatang.

Dalam pertemuan dengan Sekum KONI Aceh Nasir Sjamaun kemarin, kedua pelatih sepakat ini bukan laga terbuka melainkan tertutup, alias tanpa penonton karena pandemi Covid-19.

“Kita hanya siarkan melalui live streaming di Instagram dan Facebook, jadi nonton saja di rumah atau di tempat lain yang tidak ramai atau berkumpul di tempat terbuka,” kata Nasir.
Asisten pelatih Persiraja Akhyar Ilyas menyebutkan, latihan ini sebagai pemanasan sebelum bertolak ke Sleman ikut Piala Menpora akhir bulan Maret ini.

“Waktu kita sangat singkat hanya 12 hari kumpul pemain, maka kita terus lakukan latihan dan uji coba,” ujarnya sebagaimana disampaikan sebelumnya oleh pelatih kepala Hendri Susilo.

Pelatih Tim PON Aceh Fakhri Husaini mengatakan, latihan ini sebagai ujicoba yang berat dalam menuju Papua dan menjadi evaluasi bersama tim Aceh yang lolos satu-satunya dari Sumatera.

“Saya bukan cari 11 pemain tetapi 20 pemain. Sekarang masih 24 pemain. Semua punya kesempatan sebagai pemain inti,” ujarnya.

Disebutkannya, bakat pemain Aceh terlihat pada tim PON ini. Namun ia berharap mereka mampu mempersiapkan diri dengan baik agar prestasi di arena lima tahunan itu bisa dibawa pulang ke Aceh.

“Persaingan di semua lini cukup ketat dan siapa yang siap itu yang kita pakai,” ujar mantan pelatih timnas ini. Ia menyebutkan jika usai PON nanti, menurutnya bisa diambil tiga atau empat pemain untuk Persiraja masuk Liga 1 dari tim PON Aceh.

Ini akan menambah semangat bagi daerah karena ada pemain lokal di tim Persiraja. Sekretaris KONI Aceh Nasir Sjamaun menegaskan, lolosnya sebuah tim justru harus punya target untuk meraih medali emas.

“Sebab kita sudah lama berlatih dan diundur lagi satu tahun sehingga tidak ada alasan gagal. Target KONI Aceh harus bawa pulang 14 medali emas dari 20 cabor prioritas I dan II yang dipersiapkan,” demikian Nasir. (imj/rif)