Lobang Galian Emas Ambruk, 2 Penambang Meninggal 

HARIANRAKYATACEH.COM  – Tambang emas tradisional di lokasi tambang PT. PSU Gampong Simpang Dua, Kecamatan Kluet Tengah, Minggu (14/03/2021), menelan korban.

 

Sekitar pukul 02.00 WIB delapan orang penambang yang tertimbun di dalam lobang galian tambang.

Masyarakat melakukan aktifitas galian pencarian batu emas dimulai pukul 18.00 Wib s/d 06.00 Wib, sekira pukul 02.00 Wib terjadi kecelakaan tertimbunnya para penambang yang sedang berada dalam lobang galian.

 

Kejadianya ini diakibatkan ambruknya langit-langit lobang galian, setelah kejadian tersebut masyarakat yang juga penambang berada di lokasi kejadian, segera melakukan pertolongan dan mengevakuasi para korban dengan cara menggali timbunan tanah yang ambruk tersebut dengan alat seadanya.

Kemudian korban berhasil dievakuasi setelah sekita satu jam. Adapun jumlah korban pada kejadian tersebut adalah lima orang tertimbun di dalam lobang, sedangkan tiga orang berhasil menyelamatkan diri karena tiga orang tersebut berada di sekitar pintu lobang.

Akibat dari kejadian tersebut tiga orang mengalami luka ringan, tiga orang mengalami luka berat dan dua orang meningal dunia.

Sebagian korban di bawa ke Puskesmas Menggamat Kluet Tengah dengan menggunakan mobil ambulance dan sebagian korban di bawa dengan roda dua.

Adapun nama-nama korban yakni, korban luka berat ada tiga orang diantaranya, Razali (36) warga Gampong Ie Mirah Kecamatan Pasie Raja mengalami luka robek di kepala, Al Hafid Danil Ulia Rafi (21) warga Gampong Baro Kecamatan Pasie Raja mengalami luka robek di kepala, dan Satriwan, Gampong Silolo Kecamatan Pasie Raja mengalami luka di tangan, sesak napas, dan belum sadarkan diri.

Kemudian Kapolres Aceh Selatan AKBP Ardanto Nugroho S.IK, SH, MH melalui Kapolsek Kluet Tengah, Iptu Jamaludin Selasa, (16/3),  melaporkan, 2 orang penambang meninggal dunia masing-masing adalah AlKindi Nur (47), asal Gampong Pulo Kambing, Kecamatan Kluet Utara dan Muswardi (27), asal Gampong Tepin Gajah, Kecamatan Pasie Raja.

“Tiga korban lainnya mengalami luka ringan”, pungkasnya. (Yat).